Beri Contoh, Dinas Pangan Kota Solok Dorong Diversifikasi Pangan Di Pekarangan

Realitakini.com- Kota  Solok
Dinas Pangan Kota Solok menggelar gotong royong penanaman tanaman sayur-sayuran di pekarangan kantor. Hal itu dilakukan sebagai upaya memberikan contoh kepada masyarakat, tentang pentingnya memanfaatkan pekarangan.

Langkah diversifikasi pangan tersebut diambil sebagai respon terhadap kenaikan harga cabe merah yang signifikan di pasaran saat ini.

"Melalui kegiatan gotong royong tersebut, kami telah menanam berbagai jenis tanaman,” ujarnya Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Ade Kurniati, S.Pt, Jumat (23/02/2024).

Dijelaskannya, kami menanam cabe merah, terong, tomat, seledri, serta tanaman obat seperti kunyit, jahe, dan kumis kucing. Selain itu, tanaman buah seperti mangga, jambu, lengkeng, dan jeruk juga turut di tanam. 

"Semua ini diharapkan menjadi contoh bagi pegawai, dan masyarakat sekitar dalam memanfaatkan pe karangan," ucapnya.

Ade Kurniati menekankan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Ia mengajak pegawai Dinas Pangan Kota Solok untuk menanam cabe di rumah masing-masing, sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan inflasi.

Perawatan tanaman dilakukan secara gotong royong setiap sebulan sekali. Sementara perawatan harian akan dilakukan oleh pegawai secara bergantian.

"Langkah ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi kesehatan dan ekonomi ke luarga, tetapi juga sebagai kontribusi dalam pengendalian harga pangan di pasaran," tutupnya. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post