Menparekraf RI Sebut Festival Arakan Sahur Di Tanjabbar Layak Masuk Ke Event Internasional

Realitakini.com-Tanjabbar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa Festival Budaya Arakan Sahur di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi,  layak untuk masuk ke Event Budaya Nasional dan Internasional. 

Hal tersebut disampaikan Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno, saat menyaksikan secara langsung penampilan para peserta Festival Budaya Arakan Sahur yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjabbar, di Alun-alun Kota Kualatungkal, Minggu (17/3/2024) malam.

"Saya sangat apresiasi terhadap Gubernur Jambi, Bupati Tanjabbar, dan para peserta Arakan Sahur ini. Terus terang, saya sangat kagum melihat penampilan dari adek-adek para peserta semua, ternyata ini kelasnya boleh saya sebut sudah layak masuk ke Nasional dan Internasional," sebut Mas Sandi sapaan akrab Menparekraf RI, usai menyaksikan Festival Arakan Sahur.

Mas Sandi mengatakan, dalam beberapa tahun kedepan Festival Arakan Sahur ini akan terus di promosikan, sehingga Festival Arakan Sahur ini menjadi daya tarik Wisata Religi kebanggaan Indonesia dari Provinsi Jambi dan Kabupaten Tanjabbar. 

"Kita berharap, Event ini bisa terus dikembangkan untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Kami siap akan mendukung agar semakin naiknya Wisata Religi ini untuk menjadi tukang punggung kita. Dan harapannya tahun depan semakin ditingkatkan, ujar Mas Sandi.

Gabung bersambut, Gubernur Jambi, Al Haris juga menyambut baik dengan kehadiran Menparekraf RI dalam menyaksikan Festival Arakan Sahur tersebut. 

"Saya terima banyak atas hadirnya pak Menteri disini. Ini pertanda bahwa, saya dan Bupati Tanjabbar ditantang beliau (Menparekraf RI. Red), untuk lebih serius lagi dalam mengelola Wisata ini," ucap Gubernur. 

"Apagi yang tumbuh dari masyarakat, ini yang perlu kita angkat contohnya Festival Arakan Sahur," sambung Gubernur. 

Gubernur akan berupaya terus berkolaborasi Kabupaten Tanjabbar, Provinsi Jambi agar lebih dikenal oleh Dunia luar baik itu Nasional maupun Internasional. 

"Saya dan Bupati Tanjabbar akan terus berupaya dan selalu berkolaborasi untuk mengenalkan Wisata Religi ini di Negara kita ini maupun mancanegara. Insya Allah akan Mendunia," kata Gubernur. 

"Kami berharap kepada pak Menteri terus membina kami, agar kedepannya bersinergi dengan seluruh jajaran dan Provinsi Jambi bisa masuk dalam Wisata Dunia nantinya," pungkasnya.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat, ia juga berharap Event Festival Arakan Sahur ini bisa dibina oleh Menparekraf RI untuk dikembangkan menjadi Wisata Dunia.

"Kami apresiasi atas kehadiran pak Menteri di Kabupaten Tanjabbar, khususnya di Kota Kualatungkal. Karena, Arakan Sahur ini merupakan sebuah keunikan serta khas dari masyarakat kita dan sekaligus juga sebagai Kearifan lokal di Tanjabbar," ucap Bupati. 

"Mudah-mudahan Festival ini terus kita bina dan terus berkolaborasi. Dan kami akan terus mensuport agar terus mengembangkan Event ini sesuai yang dikatakan pak Menteri tidak hanya untuk Event Nasional, tapi mudah-mudahan juga menjadi Event Internasional," pungkas Bupati. (Put)

Post a Comment

Previous Post Next Post