Selama Ramadhan 1445 H, Volume Sampah Di Kota Solok Meningkat

Realitakini.com-Kota Solok
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok mengumumkan, bahwa terjadi peningkatan volume sampah akibat meningkatnya sisa makanan selama Bulan Ramadhan 1445 H. Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya Beracun, dan Peningkatan Kapasitas, Asril, SE, Senin (25/03/2024).

Meskipun belum dapat memperkirakan jumlah pasti peningkatan sampah, Asril menyatakan bahwavolume sampah di setiap Tempat Pemilahan Sementara (TPS) Kota Solok menunjukkan peningkatan.

“Meskipun kami belum dapat menyampaikan jumlah pastinya, namun dari volume yang terkumpul di setiap TPS Kota Solok, terlihat adanya peningkatan. Hal ini disebabkan oleh peningkatan intensitas pemakaian bahan rumah tangga selama bulan puasa, baik dari rumah tangga maupun dari rumah makan, restoran, serta aktivitas pedagang takjil musiman," jelas Asril. 

Disebutkannya, peningkatan ini diperkirakan mencapai 10-15 persen selama dua minggu terakhir, karena konsumsi masyarakat yang berpuasa meningkat, sehingga sampah makanan juga ikut meningkat.

Untuk mengatasi sampah rumah tangga, lanjutnya, DLH Kota Solok telah mengembangkan program pem budidayaan pakan ternak maggot. Selain itu, masyarakat juga mulai melakukan pengolahan sampah, dengan adanya rumah-rumah maggot di setiap kelurahan. 

"Langkah ini bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah organik yang mencapai Tempat Pembuangan Akhir," paparnya.

Asril juga mengimbau agar warga Kota Solok dapat mengurangi pembuangan sampah sisa makanan yang berlebihan, serta memilah sampah organik dan non-organik di lingkungan mereka masing-masing.

"Selain sampah dari rumah tangga, peningkatan produksi sampah juga terjadi di Pasar Raya Kota Solok," ungkapnya. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post