TSR XX Pemkab Tanah Datar Kunjungi Masjid Taqwa Jorong Guguek Pariangan


Realitakini.com Tanah Datar                                     -Tim Safari Ramadhan  (TSR) Kabupaten Tanah Datar 1445 H Tahun 2024 di pimpin Bupati  Tanah Datar melalui Elvi Sandry Sekretaris Dinas PMPTSPNaker Selaku Wakil ketua TSR XX bersama Tim mengunjungi sekaligus menyerahkan bantuan dari bupati Tanah Datar sejumlah 15 Juta dan satu buah Vacuum Cleaner ke Masjid Taqwa Jorong Guguak Nagari Pariangan kecamatan Pariangan, Selasa (19/03/2024). 

Tim terdiri dari Sekretaris Tim XX M. Isnaini, ketua LKAAM H. A. Dt Andomo,  Kabid Pariwisata Guspayanti, Dodi Indra dari setwan, Kabid Keolaragaan Radianus ,  Kabid Perikanan Asra Junaidi, disambut oleh Forkopimca, Camat, kapolsek, wali nagari, pengurus masjid, serta jamaah masjid Taqwa. 

Pengurus Masjid Taqwa Jorong Guguak Sy Dt Rajo Mangkuto dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Tim Safari Ramadhan XX yang sudah mengunjungi masjid tersebut serta menyampaikan keluhan terkait persoalan letusan gunung marapi dan akibat dari abu vulkanik yang terdampak ke pertanian di daerah tersebut. 

"Sebelumnya kita sudah merenovasi Qubah masjid dan sudah memperbaiki plafon masjid yang sudah rusak dan sudah rapi dan ada satu program pengurus masjid yaitu kami berencana membuat menara Masjid di puncak mortir sebanyak tujuh tingkat dan ada jembatan di menara, sehingga  akan menambah keindahan masjid kita walaupun masjid kita kecil untuk itu kami berharap berikan kami pintu kemana kami akan memasukan proposal," ujarnya. 

Lebih lanjut Sy Dt Rajo Mangkuto menyampaikan, Dengan adanya letusan gunung merapi setiap saat dan masyarakat menderita denngan dengan abu abunya sangat berdampak ke pertanian sehingga menimbulkan gagal panen untuk itu berharap perhatian dari pemerintah. 

Wali nagari Pariangan Tasman, S. Ak dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada TSR XX serta menyampaikan harapannya kepada Tim untuk disampaikan ke pemkab agar nagari Pariangan bisa memiliki ambulan sendiri karena cuma nagari tersebut yang belum memilikinya. 

Tim Safari Ramadhan XX Elvi Sandry selaku wakil Ketua tim dalam sambutannya menyampaikan ucapan permintaan maaf dari bupati yang tidak bisa hadir karena ada tugas lain dan juga ketidak hadiran Ketua MUI Tanah Datar selaku ketua Tim Safari Ramadhan XX. 

Elvi Sandry menyampaikan Safari Ramadhan adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk dari hubungan silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat. 

"Sudah lebih 3 tahun lebih kepemimpinan Bupati Eka Putra, SE, MM dan Wakil bupati Richi Aprian, SH, MH dengan visi dan misi kabupaten Tanah Datar yang Madani yang berlandaskan Adat basandi Syarak, Syarak basandi  khitabullah dengan bermacam program unggulan yang bertujuan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," katanya. 

Diantara program unggulan yang sudah dilaksanakan diantaranya adalah menciptakan usahawan baru, bajak gratis, penyaluran pupuk bersubsidi, Progul Makan Rendang di Tanah Datar dalam upaya memerangi rentenir, sebagai kabupaten Tahfiz dengan program satu rumah satu hafidz dan program satu nagari satu event 
meningkatkan kuota asuransi tani, asuransi ternak dan pupuk bersubsidi, peningkatan layanan administrasi kependudukan untuk wilayah yang jauh dari ibukota kabupaten, meningkatkan kesejahteraan guru TPA dan guru tahfidz, kegiatan satu nagari satu event, memajukan olah raga dan produk nagari, Peningkatan biaya operasional KAN, LKAAM, bundo kanduang dan organisasi keagamaan, membangun jaringan seluler, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas ASN dan tenaga honorer. Semua itu bertujuan untuk peningkatan  perekonomian masyarakat. 

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan 15  juta  beserta satu unit vacuum Cleaner yang di terima oleh pengurus masjid Taqwa, dan dilanjutkan dengan ceramah agama oleh H. A. Dt Andomo. (**). 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post