Lahir Dari Rahim Seorang Guru, Calon Bupati Solok Budi Satriadi Janjikan Kebangkitan Dunia Pendidikan Dan Kesejahteraan Guru

Realitakini.com-Kabuaptean Solok  
Lahir dari rahim seorang guru yang sederhana, jenjang karier yang cemerlang di Pegawai Negeri Sipil (PNS), putra Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, H. Budi Satriadi, SKM, MM lebih memilih menjadi pengusaha muda dengan tujuan bisa berbuat baik untuk masyarakat banyak dan daerah dan kampung halaman.

Melirik mirisnya dunia pendidikan termasuk kesejahteraan para guru yang masih jauh dari standar jasa yang diberikan untuk mencetak para generasi bangsa, juga menjadi sebuah alasan bagi Budi Satriadi untuk ikut serta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Solok di Pemilihan Umum Pemilu November 2024 esok.

Menurutnya, tidak ada yang tak mungkin selagi ada aturan dan regulasi yang bisa meningkatkan ke sejahteraan para guru tersebut melalui anggaran, yang notabenenya memang diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Solok.

"Apalagi soal pendidikan, itu tergantung siapa yang mau mengambil kebijakan. Kita menyadari bahwa di Kabupaten Solok masyarakatnya masih banyak yang tergolong miskin, bahkan saat penerimaan an Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masyarakat masih mengeluh tentang pembiayaannya," sebut Budi Satriadi saat mendaftar di Partai Demokrat pada 06 Mei 2024 lalu.

Dunia pendidikan Kabupaten Solok harus bangkit, ujarnya, dan kesejahteraan para guru harus terjamin sehingga apa yang amanatkan Undang-undang (UU) yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud.

Selain itu, keprihatinannya terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Solok yang jauh dibawah daerah lainnya di Sumatera Barat (Sumbar) menjadi target utamanya untuk menjadikan IPM atau Human Development Index (HDI) Kabupaten Solok berada di 10 besar Sumbar. 

"Selama tiga tahun belakangan, IPM Kabupaten Solok berada di peringkat 17 dari 19 Kabupaten/Kota di Sumbar. Artinya berada di peringkat tiga terbawah," ungkapnya.

Dikatakannya, Kabupaten Solok adalah daerah yang memiliki potensi berlimpah ruah, baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA). Mulai dari pertanian, pariwisata, perkebunan, perikanan, hingga pertambangan. Namun, potensi itu belum tergarap maksimal, karena kurangnya stimulan dan akses ke sumber-sumber pendapatan. 

Pengusaha sukses asal Nagari Salimpek tersebut juga menegaskan, jika dirinya diamanahkan nanti oleh masyarakat Kabupaten Solok, ia bakal merangkul semua pihak. Selain itu, dirinya juga bakal fokus me ngabdi untuk menjadikan Kabupaten Solok lebih maju. 

Sebagai Calon Bupati Solok, Budi Satriadi juga meminta masukan, saran dan kritikan dari insan pers Kabupaten Solok. Baik terkait kondisi terkini di Kabupaten Solok, maupun berbagai upaya untuk dilaku kan ke depannya.

"Kabupaten Solok harus dibangun bersama, tidak bisa seorang diri atau sekelompok orang saja. Semua elemen dan semua pihak harus dirangkul, agar memiliki tanggung jawab ke dirinya, keluarga dan ke daerah. Muaranya adalah untuk kesejahteraan semua orang tanpa pengecualian," ucapnya. 

Ditegaskannya, yang pastinya pemerintah harus hadir di setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat nya. Begitu juga sebaliknya, seluruh masyarakat hendaklah ikut berperan membangun daerah menurut kapasitasnya masing-masing. 

"Sehingga niat dan sepemahaman yang sama untuk menjadikan Kabupaten Solok ini maju dengan tetap berorientasi pada kemakmuran masyarakat yang berkeadilan," pungkasnya.

Profil Bakal Calon Bupati Solok 2024-2029

Nama : H. Budi Satriadi, SKM, MM
Tempat/Tanggal Lahir: Salimpat/17 Mei 1976
Nama Istri: Hj. Rozalinda, S.ST
Anak : 
- Abid Aziz Adinda
- ⁠Afrand Shah Adinda
- ⁠Akhtar Nafis Adinda
- ⁠Gibran Khalfani Adinda

Riwayat Pendidikan

- SD Negeri 1 Alahan Panjang (Tamat tahun 1989).
- ⁠SMP N1 Alahan Panjang (Tamat tahun 1992).
- ⁠SMA Adabiah Padang (Tamat tahun 1995.
- ⁠Akademi Keperawatan Depkes RI Padang (Tamat tahun 1998).
- Fakultas Kedokteran Univeraitas Andalas Padang (Tamat tahun 2007).
- ⁠Magister Manajemen Universitas Putra Indonesia (Tamat tahun 2011).

Riwayat pekerjaan

- Direktur CV. Salsabilla Jaya Utama tahun 2000 (Alat kesehatan dan Laboratorium).
- ⁠Direktur Utama PT. Global Mineral Sejahtera (Tambang Bijih Besi) 2004-sekarang.
- ⁠Direktur Utama PT. Mineral Sukses Makmur (Tambang Bijih Besi) tahun 2005-sekarang.
- ⁠Direktur Utama PT. Global Forwarding Company (Perusahaan Agen Kapal) tahun 2005-sekarang.
- ⁠Direktur Utama PT. Global Stevedoring Company (Perusahaan bongkar muat kapal) tahun 2005-sekarang.
- ⁠Direktur PT. Budi Satriadi Industries (Smelter Besi) tahun 2008-sekarang).
- ⁠PT. Kuansing Mineral Sejahtera (Tambang dan pengolahan/Stone Crusher Batuan) tahun 2010-sekarang.
- ⁠PT. Kuansing Makmur Sejahtera (General Kontraktor) 2014-sekarang.

Riwayat Organisasi

- Ketua Hipmi Kabupaten Solok Tahun (2012-2015).
- ⁠Pengurus BPD Hipmi Sumatera Barat (2015-2020).
- ⁠Ketua Komite Tetap Kadin 2017-sekarang.
- ⁠Pengurus Masyarakat Alam Gumanti 2023-sekarang.
- Ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumatera Barat (2022-2026). (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post