Follow Us

header ads

Bawaslu Pasaman Laksanakan Kegiatan Partisipatif

Realitakini.com --Pasaman
Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kabupaten Pasaman laksanakan acara kegiatan partisipatif dengan tema "pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengawal Pilkada yang demokratis" bertempat di Aula Arumas Hotel Lubuk Sikaping, (16/08/2020).

Acara tersebut di hadiri 47 peserta diantara nya ketua LKAM Pasaman Afrizal Dt Basa, ketua MUI Pasaman Habibullah serta Ninik Mamak,Tokoh Pemuda dan pengurus Rabithah Wirid Yasin ( Rawiya ).

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita MA, mengatakan, bahwa pengawasan partisipatif sudah pernah dilakukan dan sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Pengawasan partisipatif oleh masyarakat sangat penting agar pilkada yang demokratis dapat terwujud. 

"Untuk itu, Bawaslu menggandeng para tokoh masyarakat agar bisa mengajak masyarakat turut serta menyukseskan pemilihan kepala daerah pada 9 Desember 2020," ujarnya. 

Rini Juita mengatakan bahwa Bawaslu sangat membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat agar pilkada nanti bisa berjalan dengan baik sesuai asas pemilu, yakni Luber dan Jurdil. 

"Harapan kita, ruang privat ditengah masyarakat yang tidak bisa tersentuh oleh Bawaslu, itu bisa disentuh oleh masyarakat. Masyarakat bersama Bawaslu, bersama-sama mengawasi pemilukada ini," ucapnya. 

Lanjut Rini, Bawaslu hadir untuk menegakkan keadilan pemilu. Bawaslu tidak berpihak kepada siapa pun dan kepada parpol manapun. Setiap akan terjadi pelanggaran dan dugaan pelanggaran, Bawaslu wajib mencegah agar tidak kejadian. 

"Cara kerja Bawaslu dalam pengawasan pilkada selalu bersifat curiga. Itu sebagai upaya utk meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu. Sehingga pemilu itu terlaksana sesuai asas," tutupnya.(Nurman )

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom