Memeriahkan HUT RI Dengan Menjalankan Protokol Kesehatan


Realitakini.com.-Sawahlunto

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke - 75 tahun 2020 di tengah situasi pandemi Covid - 19, dituntut agar tetap menerapkan standar protokol kesehatan. Sehingga, aura HUT RI tetap berwarna, sementara 'benteng' untuk menjaga diri dan lingkungan dari penyebaran Covid - 19 juga tetap kuat.

Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan,” bahwa sekarang ini diminta kreatifitas dalam memeriahkan HUT RI tanpa melalaikan penerapan standar protokol kesehatan. Sejumlah kegiatan yang mengumpulkan orang banyak (keramaian) dan menuntut kontak fisik tidak bisa dilaksanakan, namun kegiatan lain yang tidak melanggar ketentuan protokol kesehatan tentu diperbolehkan.

"Konsepnya ya kita harus berpandai - pandai dalam kondisi pandemi ini. Kita tetap harus memeriahkan HUT RI ini, namun jangan karena kegiatan memeriahkan ini malah menjadi kebocoran penyebaran Covid - 19. Makanya, protokol kesehatan itu wajib, kalau ada kegiatan yang melanggar protokol kesehatan ya mau tidak mau kita tidak izinkan. Ini demi keamanan dan kesehatan bersama," kata Walikota Deri Asta, usai kegiatan gotong royong bersama TNI dan Polri di Ruang Terbuka Ramah Anak (RBRA) Taman Selat Karimata, Kelurahan Pasar Kecamatan Lembah Segar, Minggu 16 Agustus 2020 tadi.

Dijelaskan Walikota, agar aura meriah HUT RI tetap memancar, maka bentuk - bentuk kegiatan perayaan HUT RI itu hendaknya bisa diubah atau disesuaikan dengan protokol kesehatan.

"Kita rayakan dengan cara yang berbeda, cara yang sesuai dengan protokol kesehatan. Jadi seperti pawai, panjat pinang dan lain - lain acara yang beresiko tidak sesuai protokol kesehatan itu kita ubah dengan acara yang sesuai protokol kesehatan. Seperti sekarang ini, kita gotong royong membersihkan taman ini, protokol kesehatan dijalankan dengan tidak terlalu ramai, menjaga jarak, tidak ada kontak fisik, pakai masker dan selalu mencuci tangan dengan sabun," ujar Walikota Deri Asta.

Kemudian, Walikota mengajak jajaran pemerintahannya bersama masyarakat untuk memperbanyak memasang bendera merah putih dan  umbul - umbul di depan kantor/rumah dan di sepanjang jalan. Sehingga dengan itu aura perayaan HUT RI ke - 75 ini tetap terasa kuat.

Kapolres Sawahlunto, AKBP. Junaidi Nur dan Danramil 01/Sawahlunto, Mayor Irwan B. pun menyatakan hal senada dengan Walikota tersebut. Yakni mendukung dan mengawasi agar HUT RI dapat dimeriahkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (AN)

Post a Comment

Previous Post Next Post