Dukung TMMD Warga Laksanakan Upacara Adat Kirim Punden “Gempol”

 
Realitakini-.com-KARANGANYAR
 Tampak  warga masyarakat Dusun Tugu berjalan iring-iringan menuju “Punden Gempol” dengan membawa nasi dan ayam panggang untuk kondangan. Upacara adat itu dilaksanakan secara rutin pada hari Jumat Pon bulan Syuro/ tahun baru Hijriyah 1442.

“Dalam kesempatan TMMD Reguler 109 Kodim 0727/Karanganyar Babinsa Koramil 14/Jatipuro, Sertu Untung Trijaya

menyatakan, kita tetap saja menghormati adat istiadat yang ada di desa sasaran. Untuk itu dirinya juga ikut menghadiri upacara adat kirim punden “Gempol” di dusun Tugu desa Jatiwarno.

Disela-sela kesibukannya di TMMD Reg 109 warga masyarakat Desa Jatiwarno Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tetap melaksanakan upacara adat bersih dusun di desanya.

Salah satu  tokoh adat warga Dusun Tugu, Desa Jatiwarno, Mbah Mento Dikromo (88) membeberkan sejarah awal mulanya bersih dusun di desanya, dahulu kala di tengah hutan, Eyang Ponco Dikromo melaksanakan semedi/bertapa.

Eyang Ponco Dikromo yang pergi bertapa setelah sekian lama tidak kembali, kemudian kekuasaan digantikan oleh putranya bernama Agus Darmo. Dikatakan, pada saat itu telah berpesan, siapa saja yang mau merawat saya (Eyang Ponco Dikromo) di Gempol sini akan saya ayomi dan minta apa saja akan dikasih, namun apabila tidak bisa saya (Eyang Ponco Darmo) minta maaf.

Kepada Tim Pendim Karanganyar, Mbah Mento menyatakan, seluruh  warga masyarakat Jatiwarno menyambut gembira dengan pelaksanaan program TMMD Reguler Ke 109 Kodim 0727/Karanganyar di desanya. Dia mengucapkan terima kasih kepada Dandim Karanganyar.
''Kami berharap pembangunan dapat berjalan lancar dan bermanfaat untuk warga masyarakat. Saat kenduri saya dan seluruh warga mendoakan semoga TMMD Kodim Karanganyar sukses dan bisa mendapatkan juara satu,” harap  Mbah Mento.(ST)

Post a Comment

Previous Post Next Post