Follow Us

header ads

Materi PPBN Kesbangpol Brebes di Non Fisik TMMD Reguler

 


Realitakini.com-Brebes,

 Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Brebes, memberikan materi sosialisasi PPBN (Pendidikan Pendahuluan Bela Negara) dan wawasan kebangsaan, di kegiatan non fisik TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, kepada perwakilan warga masyarakat Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Rabu (7/10/2020).

Agus Ismanto S.I.P, M.Si, selaku narasumber di Aula Balai Desa Kalinusu itu menjelaskan, bahwa edukasi tersebut merupakan upaya dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme guna menjaga stabilitas di daerah dan nasional.

“Bela negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara,” ucapnya membuka materi.

Lebih lanjut, Pancasila merupakan dasar negara dan masih menjadi pemersatu SARA, sehingga kita harus lebih waspada dan teliti terhadap berita-berita yang belum tentu kebenarannya atau hoax, karena itulah salah satu cara penjajahan gaya baru untuk memecah belah bangsa.

“Jangan telan mentah-mentah informasi yang didapat, telusuri secara detail dari mana sumbernya, dan laporkan kepada pihaknya, TNI-Polri pada kesempatan pertama,” imbuhnya.

Agus Ismanto juga meminta agar jangan mudah bergabung dengan sebuah Organisasi Masyarakat (Ormas), walaupun dengan imbalan atau masih iming-iming imbalan.

“Tanyakan terlebih dulu ijinnya, apakah sudah terdaftar apa belum di Kesbangpol Brebes, sehingga nantinya tidak dirugikan, dan merugikan orang lain karena melanggar hukum,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri materinya, dirinya menghimbau kepada warga Kalinusu, agar lebih bijak menggunakan medsos, karena berita hoax paling cepat disebarkan disana.

Dalam kegiatan yang juga menerapkan protokol kesehatan covid-19 ini, juga dihadiri Danramil 08 Bumiayu yang diwakili Serda Ariyanto, dan juga kepala desa setempat, Wasid. (Rus/Aan/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom