Follow Us

header ads

Plh DLH Dampingi Pjs Bupati Malang Resmikan TPS 3R di Genengan Pakisaji

Realitakini.com - Kabupaten Malang.
Penjabat sementara (Pjs) Bupati Malang, Sjaichul Ghulam, resmikan Tempat Penampungan Sementara (TPS) Reduse, Reuse, Recycle (3R), di Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji, Sabtu (28/11/2020) siang. 
Hadir mendampingi Sjaichul Ghulam,Plh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang, Bachrudin. 

Juga hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan dan per wakilan Kepala Balai Prasarana Wilayah Provinsi Jawa Timur. Para OPD Kabupaten Malang, para Muspika Kecamatan Pakisaji, serta Kepala Desa dan perwakilan BPD Genengan.

Tak hanya itu, Kelompok Swadaya Masyarakat dan Kelompok Pengguna Pemakai Loka Bhakti Desa Genengan, juga hadir di lokasi peresmian.Bachrudin berharap, TPS 3R KSM Loka Bhakti ini, dapat memicu kesadaran sekaligus kemandirian masyarakat yang ada di sekitar TPS.

Ia juga berharap, "masyarakat senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, serta turut membantu Pemerintah dalam pembangunan di bidang lingkungan hidup." tulisnya, melalui medium WA, Minggu (29/11/2020).

Target pengurangan sampah pada 2025 mendatang, minimal 30 persen dari timbunan sampah yang ada di Kabupaten Malang. Hal ini, adalah implementasi Kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada) pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, kata Bachrudin.

Ia menjelaskan, pada tahun anggaran 2020, Jakstrada menargetkan pengurangan sampah sebesar 18,27%. Target ini merupakan kinerja pengelolaan sampah yang dilakukan oleh masyarakat. Baik melalui pengurangan sampah mandiri, bank sampah, TPS 3R maupun usaha pengelolaan sampah mandiri, melalui Pengepul. 

Pembangunan TPS 3R tersebut, kata dia, merupakan upaya penting untuk mengejar target pengurangan sampah di Kabupaten Malang.Lanjut dia, Tahun Anggaran (TA) 2020, Kabupaten Malang mendapat kepercayaan untuk pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat (program padat karya) sebanyak empat unit. Kepercayaan ini, langsung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Satker Balai Prasarana Permukiman Jawa Timur.Pembangunan infrastruktur tersebut antara lain: Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji, untuk melayani sampah rumah tangga dan mengatasi sampah di DAS Sungai Metro..

Desa Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji, untuk melayani sampah rumah tangga dan mengatasi sampah di DAS Sungai Brantas. Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, untuk melayani sampah rumah tangga dan Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Bromo Tengger Semeru.

Sedangkan Desa Pandesari Kecamatan Pujon, untuk melayani sampah rumah tangga dan mengatasi sampah di perbatasan Kota Batu.Sebagai informasi, pembangunan TPS 3R LOKA BHAKTI Desa Genengan ini, dilaksanakan oleh KSM, didampingi fasilitator. Membutuhkan waktu selama empat bulan. 

Pelayanan TPS 3R Bhakti tersebut, diprioritaskan untuk melayani pengangkutan sampah dari rumah tangga sebagai penghasil sampah. Saat ini sudah melayani sebanyak 1.106 KK dari 1.556 KK. 
Operasi TPS 3R, mampu menciptakan lapangan kerja sebanyak 13 orang. Pembiayaan operasional, berasal dari iuran warga yang dilayani dan hasil penjualan pemilahan sampah dan pengolahan sampah organik.(al)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom