Kelompok Jahe Merah Di Kabupaten Luwu, Semakin Menggeliat Budidaya Dengan Harga Menjanjikan

Andi Mudzakkar Bersama Rifaid.A.Ahmad
Realitakini.Com Luwu
Sebagaian masyarakat Kabupaten Luwu mayoritas adalah Petani dan kini harga Jahe Merah daya jual beli semakin  para naik.membuat petani Luwu mulai mengembangkan cocok taman mahe merah.

Harga Jahe merah Dipasaran semakin meningkat dikarenakan kebutuhan ekspor dan imealitakini Luwu berkunjung ke lokasi gocok tanam jahe yang berada di karang-karangan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.09/1/2021

Pemilik perkebunan Jahe tersebut adalah Mantan Bupati Luwu dua periode Andi Mudzakkar men yambut baik dengan kehadiran  Wartawan RealitaKini Sul-Sel di Baruga petani jahe.Andi Mudzakkar ,biasa disapa Cakka menuturkan bahwa perkembangan jahe yang dimiliki memiliki lahan 3 hekthar untuk melakukan cocok tanam jahe diperkebunannya.

Menurutnya bahwa pasaran jahe saat ini,tidak dibawah tiga puluh ribu perkilo dan sampai saat ini harga jahe menjanjikan kepada petani.Ucapnya
Lokasi Cocok Tanam Jahe Merah

Saat ini kelompok jahe merah di kabupaten Luwu telah mencapai 50 kelompok tani yang tersebar dibeberapa desa,diluar dari kelompok Tani mencapai 150 Petani (pribadi). sedangkan Untuk kebutuhan bibit Jahe Merah terbatas di wilayah Kabupaten Luwu.Tutur Mantan Bupati Luwu.

Mantan Bupati Luwu,Andi Mudzakkar (Cakka) mengajak seluruh masyarakat kabupaten Luwu untuk bercocok tanam jahe,selain harga jahe menjanjikan takkala pentingnya dalam budidaya jahe merah tak rumit cara kerjanya dan kegagalan dalam budidaya jahe merah sangat kecil kerugian ditimbulkannya.,tuturnya

Sedangkan Kepala Desa Bakti,Kecamatan Ponrang Selatan,Kabupaten Luwu.Rifaid.A.Ahmad di lokasi pembibitan jahe milik Andi Mudzakkar menuturkan tertarik dengan cocok tanam jahe merah di wilayahnya dan Insya Allah.Saya Akan sosialisasi kepada para petani untuk menanam jahe merah untuk meningkatkan pendapatan para masyarakatnya,".ucapnya.

Jahe merah menjadi obat herbal yang keberadaanya menjadi perhatian saat pademi Covid-19.Kandungan Curcumin dalam empon-empon diklaim bisa mencegah terjadinya badai sitokin di dalam Paru-paru. (RKSulSel)por juga semakin naik akibat dampak pademi covid-19.

Saat wartawan R







Post a Comment

Previous Post Next Post