Ibu Suswati Ikut Berperan Aktif Dalam Rangka Mensukseskan Kegiatan TMMD ke 110


Kabupaten Semarang – Tentara Manunggal Membangun Desa Reguler ke-110 yang dilaksanakan di Desa Ketapang Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang telah memasuki minggu ke 4. Progres pembangunan yang dicapai baik fisik maupun non fisik juga terlihat signifikan. Hal ini tidak terlepas dari peran serta dari berbagai komponen masyarakat, yang salah satunya adalah peran aktif ibu-ibu baik perorangan maupun kelompok.

“Peran ibu-ibu dalam mensukseskan TMMD tidak bisa dipandang sebelah mata. Justru mereka multi peran dari pangkal hingga ujung. Merekalah yang membantu menyiapkan logistik dengan memasak di dapur, tapi tidak sedikit dari mereka juga membantu bapak-bapaknya mengangkut material” ungkap Sertu Hendi anggota Satgas TMMD,  Sabtu (27/03/2021).

Di lokasi TMMD mereka tak segan-segan turut membantu mengangkut material, mendorong gerobak, menyelesaikan sasaran fisik dan mensuplai kebutuhan makan anggota satgas dan warga yang bekerja. Seperti yang dilakukan Ibu Suswati (65) Warga Sari Mulyo Rt 04 Rw 05 Desa Ketapang Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Mereka berjibaku menyiapkan logistik untuk para anggota Satgas dan warga.

Diungkapkan Ibu Suswati (65)  bahwa sudahsejak hari pertama pelaksanaan TMMD, dirinya dan ibu-ibu lainya membantu  memasak , untuk keperluan logistik Pak Tentara dan warga yang tengah kerja di lapangan.

 Semangat kaum wanita dalam menyukseskan TMMD juga terlihat untuk dalam penyelesaian sasaran fisik pengecoran jalan.

Untuk diketahui keterlibatan ibu-ibu itu justru mendongkrak semangat Satgas TMMD dan masyarakat yang sedang mengejar target pembangunan. Ini menunjukkan bahwa perempuan berkesempatan yang sama berperan dalam hidup dan kehidupan, tidak ada lagi perbedaan gender, diskriminasi dan sikap pembedaan lainnya.

Suswati (65) dan warga lainnya ikut membantu personel TNI yang terlibat dalam program TMMD tersebut.

“Kami juga ingin membantu bapak-bapak tentara bekerja dalam kegiatan TMMD . Saya gak enak kalau jalan atau infrastruktur yang lainya  nantinya dinikmati saya hanya melihat saja bapak-bapak TNI dari pagi sampai sore bekerja dengan penuh semangat .

Keberhasilan TMMD tidak bisa hanya mengandalkan peran TNI saja, akan tetapi perlu dukungan dari semua unsur masyarakat yang saling bersinergi termasuk kaum hawa. Selama ini ibu-ibu seringkali hanya dipandang sebelah mata bahkan sering terlewat dari perhatian kita, maka tidak terbantahkan bila ada pepatah yang menyatakan apabila baik perempuannya baik maka baiklah negara tersebut.

(Pendim 0714)

Post a Comment

Previous Post Next Post