Follow Us

header ads

Wabup Pessel Rudi Hariyansyah Resmikan Masjid Ar-Rahman Bukit Buai Tapan

Realitakini.com-Pesisir Selatan
Masjid Ar-Rahman dengan luas 18x18 meter yang terdapat di Kampung Rawa Bubur, Nagari Bukit Buai Tapan,  Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, diresmikan oleh Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel)m , Rudi Hariyansyah, Jumat (16/4).Peresmian masjid pada lahan seluas 3000 meter, dengan lebar 40 meter panjang 75 meter itu, dihadiri oleh Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Pessel, Abrar Munanda,  Camat Basa Ampek Balai Tapan, Aflizen, Wali Nagari Bukit Buai Tapan, Bustami, alim ulama, dan tokoh masyarakat.

Ketua Masjid Ar-Rahman, Sukardi, dengan diwakili, Yosi Riyanata, saat peresmian tersebut menjelas kan bahwa masjid megah yang mulai dibangun pada November 2018 lalu itu, lahannya berasal dari wakaf Hj Roslaina.

"Berkat hibah lahan seluas 3000 meter persegi ini, sehingga secara bertahap pembangunan masjid bisa dilakukan. Sekarang masjid dengan ukuran 18x18 meter ini sudah bisa digunakan sebagai tempat beribadah bagi masyarakat. Bahkan kehadiran masjid ini juga dapat membantu para musyafir, sebab keberadaanya memang berada di pinggir jalan nasional Bukit Buai Tapan," katanya.

Dijelaskan juga bahwa pembangunan masjid tersebut telah menghabiskan dana sebesar Rp 1,5 miliar, dari Rp 2,5 miliar sesuai dengan perkiraan."Untuk pembangunan masjid ini, ibuk Hj Roslaina pada tahap awalnya juga telah menyumbangkan uang sebesar Rp 150 juta. Melalui dana awal itu, sehingga kita memulai pembangunan.  Berkat dukungan para donatur, sehingga sampai saat ini pembangunan masih terus  berlangsung," jelasnya.Wali Nagari Bukit Buai Tapan, Bustami, menjelaskan bahwa dengan telah diresmikannya masjid itu oleh Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah, maka di nagari itu telah berdiri dua unit masjid.

"Keberadaan masjid ini memang sudah sebuah kebutuhan bagi masyarakat di nagari ini. Sebab di nagari ini memang baru memiliki satu unit masjid. Saya berharap pembangunan masjid yang masih terbengkalai ini bisa tetap berjalan lancar sebagaimana sebelumnya," harap Bustami.

Sesuai rencana, pada lahan seluas 3000 meter persegi dengan lebar 40 meter, panjang 75 meter itu juga akan dibangun tempat istirahat dan rest area bagi para musyafir yang singgah untuk beristirahat dan beribadah."Pembangunan ini kita rencanakan, guna  memberikan kenyamanan bagi umat muslim yang ingin beribadah. Disamping juga sudah merupakan sebuah kebutuhan. Sebab di nagari ini jumlah kepala keluarganya  sudah mencapai 1.200 KK,"  ucapnya.

Sebagai pemerintah di tingkat nagari, dia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat dan berbagai pihak terkait lainnya. "Sebab berkat dukungan dan partisipasi tersebut, pembangunan masjid bisa berjalan dengan aman dan lancar, hingga dilakukannya peresmian sebagai mana saat ini," ucapnya.Kakan Kemenag Pessel, Abrar Munanda, dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa pihaknya siap bekerja sama dengan pemerintah daerah, terutama sekali dalam melakukan pembangunan di bidang keagamaan.

"Ketika Rasulullah sampai pertama kali di Madinah, yang pertama kali dibangunnya adalah masjid. Masjid tersebut diberi nama Masjid Kubah. Sehingga dengan juga dibangunnya masjid ini oleh masyarakat, patut mendapatkan apresiasi," katanya.

Dia menjelaskan bahwa fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat shalat,  tapi sebagai tempat me laksanakan berbagai ibadah lainnya."Dari itu, fungsikan lah masjid sesuai dengan tujuannya. Tentunya dengan berbagai kegiatan yang memberikan manfaat bagi umat," ingatnya.Tiga hal yang harus diperhati kan dalam melakukan pengelolaan masjid. Diantaranya, pembukuan masjid dengan menerap kan transparansi keuangan, pembangunan masjid agar terasa nyaman , dan yang ke tiga adalah kemakmuran masjid.

"Kemakmuran masjid itu bisa dilihat dari ramainya jamaah masjid. Namun ini hanya bisa tercapai bila kita merasa nyaman di masjid. Dari itu kelola lah masjid dengan manajemen yang benar dan transparan," harapnya.Wabup Pessel, Rudi Hariyansyah, dalam kesempatan itu menyampaikan agar masyarakat bisa mengisi pembangunan masjid tersebut dengan berbagai kegiatan keagamaan. 

Harapan itu disampaikan agar kehadiran Masjid Ar-Rahman benar- benar bisa meningkatkan ketakwaan dan keimanan masyarakat. "Saya berharap keberadaan masjid yang baru diresmikan ini akan memberi kan manfaat yang besar bagi masyarakat Nagari Bukit Buai Tapan dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT," harapnya.Dia juga berharap masjid yang sudah diresmikan itu akan menjadi pusat untuk menuntut berbagai  ilmu keagamaan bagi anak-anak."Dari itu mari kita secara bersama-sama mengajak dan mendorong para generasi muda agar menjadikan masjid sebagai pusat menuntut ilmu, sesuai dengan fungsinya," ujar wabup singkat. (05)

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom