Abdi Yusran, BUMNag Sapayuang Akan Menjadi Mitra Petani Sayur Sayuran Puncak Tonang

Realitakini.com -- Pasaman 
Selain tempat wisata Puncak Tonang Nagari Aia Manggis Kecamatan Lubuk Sikaping,  juga menjadi areal pertanian sayur sayuran dan palawija karena kesuburan tanah dan berudara dingin.

Hal itu disampaikan Wali Nagari Aia Manggih Abdi Yusran di ruang kerjanya saat diwawancara Realitakini.com, Jumat, (20/8/2021).

"Dukungan iklim dan geografis di ketinggian Puncak Tonang ini menyajikan areal potensial buat komoditi sayur dan tanaman muda lainnya,"ujar Abdi Yusran.

Ia juga menambahkan dengan lahan yang dikelola petani itu berkisar 100 Hektare tentu akan mendapat kan hasil  panen yang melimpah ruah.

"Hasil panen petani tersebut akan ditampung oleh  Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Sapayuang Nagari Aia Manggih, kemudian dijual kembali ke konsumen langsung atau agen untuk dipasarkan kembali dengan demikian petani tidak akan rugi, baik dari segi harga maupun dari segi waktu,” tuturnya.

Kemudian Abdi menambahkan dengan pola yang dilakukan Bumnag Sapayuang akan bekerjasama dengan petani untuk memasarkan komoditi sayur sayuran dan palawija akan mengurangi biaya operasional petani.
 
"Selama ini petani Puncak Tonang sulit untuk memasarkan hasil panennya keluar daerah  maka dengan hadirnya BUMNag Sapayuang diharapkan kesulitan akan teratasi dan ekonomi petani bisa bergerak lebih baik lagi,"tutupnya.(Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama