Walikota Solok Hadiri Batagak Gala Datuak Bagindo Malano Nan Hitam

Realitakini.com-- Kota Solok 
Walikota Solok Zul Elfian Umar hadiri pengukuhan gelar adat Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Padang Laksma TNI Hargianto, SE. MM. MSi (Han) dengan gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam, bertempat  di rumah Gadang Suku Pisang Nagari Cingkariang Kabupaten Agam, Minggu (29/8/2021). 

Kegiatan ini juga dihadiri Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansyarullah, dan Kepala Daerah di Sumbar, dan pejabat daerah lainnya. 

Pengukuhan ini ditandai dengan proses pemasangan Saluak kepada Laksamana Pertama (Laksma) TNI Hargianto oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah Datuak Marajo, pemasangan Keris oleh LKAAM Sumbar M. Sayuti Rajo Penghulu, penyerahan Tongkat oleh Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati. 

Dalam acara itu, Gubernur Sumbar mengatakan bahwa Gala Datuak Bagindo Malano Nan Hitam yang berikan kepada Danlantamal II Padang Laksma TNI Hargianto yang menjadi bagian untuk memperkuat sendi-sendi adat Minangkabau, khususnya di Nagari Cingkariang ini. 

Gubernur Mahyeldi menilai Laksma TNI Hargianto patut diangkat jadi Datuak Panghulu bagala Datuak Bagindo Malano Nan Hitam, dari Ninik Mamak Nagari Cingkariang. 

"Beliau adalah sosok yang tegas dalam penegakan keamanan dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat, untuk itu diapresiasi dengan penganugrahan gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam dari Ninik Mamak Nagari Cingkariang," kata Mahyeldi.

Mahyeldi juga menyampaikan, bahwa acara sakral ini, sebagai seorang panghulu atau pemimpin kaum, ini sangsinya berat, jadi ini harus dilaksanakan dalam memimpin kaum dan menuntun anak kemenakan, kearah yang lebih baik, dan menanamkan pemahaman adat maupun agama.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumbar, kami ucapkan selamat kepada Datuak Bagindo Malano Nan Hitam, yang dinobatkan sebagai Penghulu dari Ninik Mamak Suku Pisang. Semoga Datuak nantinya bisa mengayomi masyarakat tidak hanya di Sumbar, tetapi lebih luas masyarakat Indonesia," ucapnya. (Syafri)

Post a Comment

Previous Post Next Post