Bank Sampah Pancadaya "Ubah Sampah Jadi Emas"

Realitakini.com Padang
kebersihan, keindahan dan kesehatan sudah merupakan kebutuhan pokok bagisetiap warga masyarakat, tidak terkecuali bagi masyarakat di wilayah RW 06 Taratak Paneh kel. Korong Gadang kec. Kuranji Hal iniyang mendorong segenap Perangkat Desa dan warga Masyarakat RW 06 Taratak Paneh kel. Korong Gadang kec. Kuranji kota Padang, untuk mewujudkan Masyarakat dilingkungan untuk ikut serta menjaga lingkungan agarselalu tetap bersih, karena kebersihan, keindahan dan kesehatan merupakan tanggung jawab bersama-sama disamping tanggung jawab Pemerintah.

Bank sampah yang Diinisiasi pendiriannya oleh Ketua RW 06 Taratak Paneh, Eko Muhardi, disebutkan kepada Realitakini.com, disela penimbangan sampah terpilah nasabahnya, Minggu (26/9), bahwa BS PD 11 berdiri diawali dari kegelisahan dirinya terhadap banyaknya sampah berserakan di bandar yang terkadang menyebabkan terjadinya banjir dan bau tak sedap. Oleh karena itu pengelolaan sampah menjadi hal yang sangat penting dan mendesak. 

Disampaikan Oleh Eko Muhardi bahwa kegiatan pengambilan sampah kerumah-rumah warga sampai saat ini belum dilaksanakan dikarenakan tidak adanya sarana dan prasana pengangkutan sampah tersebut, hal ini yang sangat memerlukan biaya yang tidak sedikit diantaranya untuk petugas dan peralatan pengangkutan ketempat pengepulan.

 Berdasarkan permasalahan tersebut maka Ekomutadi meminta kepada Walikota Padang melalaui dinas lingkungan hidup untuk mewujudkan alat angkut berupa Becak motor serta tool pendukung sebagai sarana pendukung dalam menanganani permasalah sampah untuk dijadikan sebagai produk  yang ber nilai ekonomis.

Yanti sekertaris Bank sampah RW 06. Yang tergabung dari masyarakat dan para pemuda milenial ini Meminta dukungan dari berbagai pihak terus ikut mensosialisasikan kepedulian masyarakat untuk mencintai lingkungan bersih sehat dan bebas sampah.

"Jenis sampah yang bisa dijual ke Bank Sampah Pancadaya berupa botol plastik bekas, kantong plastik, sampah ekobrik, karton bekas, koran bekas, kaleng bekas dan beberapa jenis sampah lainnya dengan harga yang beragam"

"Kemudian harga penjualan tersebut ditukarkan dengan tabungan emas di Pegadaian"

"Selanjut nya beberapa sampah yang sudah dikumpulkan oleh Bank sampah akan diolah menjadi produk kerajinan berupa tas, gantungan kunci, aksesori, kotak tisu dan produk lainnya yang bernilai jual tinggi" Tutur Yanti Sekretaris Bank Sampah Panca daya Rw 05. Tak hanya itu Rencana Kedepan mereka akan menjadikan sampah organik atau limbah rumahtangga akan mereka sulap menjadi produk sejuta manfaat yaitu bio enzim dan magot.(pras.)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama