Bupati Buka Pelatihan Literasi Dan Edukasi Bagi Rumah Tangga Petani

Realitakini.com-Pesisir Selatan 
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar membuka kegiatan  Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) Bagi Rumah Tangga Petani di Lokasi Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP), Senin (9/9) di Hotel Hannah Painan. 

Pelatihan itu dilaksanakan selama 3 hari mulai 9 sampai 11 September 2021 bertempat di Hotel Hannah Painan. Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Nuzirwan perwakilan Badan Penelitian Pertanian Jambi dan Pemimpin Cabang Bank Nagari Painan, Helfiyanrika.

Dalam arahannya bupati meminta pelatihan ini lebih dioptimalkan agar rumah tangga petani semakin sejahtera dan petani memiliki analisa usaha tani agar di setiap usaha yang dikelolanya ia beruntung. 

Sedangkan kepada Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan, bupati menginstruksikan agar dicari langkah strategis untuk peningkatan kesejahteraan petani.

"Peningkatan kesejahteraan petani harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Lakukan inovasi dalam pengembangan sektor pertanian ke depan. Kemudian lakukan pembinaan dan bimbingan terhadap petani secara optimal," pinta bupati.

Sementara itu Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Nuzirwan mengata kan, kegiatan  Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) Bagi Rumah Tangga Petani di Lokasi Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) sangat penting.

"Melalui pelatihan tersebut, diharapkan rumah tangga petani semakin sejahtera dan petani memiliki analisa usaha tani agar di setiap usaha yang dikelolanya bisa mendapatkan keuntungan. Dengan demikian, petani dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya," ucap Nuzirwan( Kmf/Rk)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama