Desa Wisata Harua Maksimalkan Potensi Wisata Yang Ada

Realitakini.com-Pesisir Selatan 
Desa wisata didorong agar menumbuhkan potensi pariwisata yang ada, dengan meningkatkan potensi-potensi wisata yang ada di desa untuk dikembangkan. Sehingga dengan meningkatnya sektor wisata di desa, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan Hadi Susilo dihadapan kelompok sadar wisata se-Kabupaten Pesisir Selatan yang melakukan studi banding di desa wisata Kubu Gadang Padang Panjang Rabu (8/9).  Menurutnya  tempat-tempat wisata yang ada di kabupaten Pesisir Selatan  memiliki potensi yang baik dalam pengembangan wisata, maka akan lebih ditingkatkan lagi pengelolaan.

Hadi berharap, agar pelaku wisata di desa untuk lebih berinovasi dalam menciptakan tujuan wisata baru. Karena Pesisir Selatan sendiri memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan, maka tujuan wisata dapat diciptakan melalui inovasi-inovasi baru.

"Desa wisata merupakan desa yang memiliki potensi serta daya tarik wisata yang khas dan unik baik berupa karakter fisik lingkungan dan pedesaan maupun kehidupan sosial budaya kemasyarakatan yang dikelola dan dikemas secara menarik juga alami," ujarnya 

Kemudian untuk mengembangkan fasilitas pendukung wisatanya, suatu desa harus memiliki pengelolaan yang baik serta terencana sehingga siap untuk menerima kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

" Selain itu, desa wisata juga harus mampu menggerakan aktivitas ekonomi pariwisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," ujarnya 

Yuliza Zein salah satu pengerak di Desa Wisata Kubu Gadang mengungkapkan Desa Wisata Kubu Gadang di Padang Panjang, Sumatera Barat adalah desa wisata yang telah berdiri sejak 2015. Di sana, terdapat atraksi yang ditawarkan untuk wisatawan yang ingin menikmati kehidupan masyarakat desa, seperti menanam padi sambil menikmati hijaunya perdesaan.Tidak hanya itu, desa wisata tersebut juga menawar kan tradisi makan baradaik, serta atraksi silek lanyah, atraksi silat di lahan sawah yang telah dipanen.

"Kita berharap kedatang pokdarwis dari desa wisata yang ada di Pesisir Selatan bisa saling berbagi imformasi dan kedepannya potensi yang ada di kawasan wisata bisa terus berkembang," ujarnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama