Walikota Solok Harapkan Arahan Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN -RI untuk Inovasi


Realitakini.com-Kota Solok. 
Pemerintah Kota (Pemko) Solok menggelar Penyusunan Roadmap Inovasi Kota Solok Tahun 2021, bertempat di Aula D’Relazion, Senin (04/10/2021). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Deputi Bidang Kajian Kebijak an dan Inovasi Administrasi Negara LAN-RI Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo.

Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN-RI Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, di dampingi Walikota Solok Zul Elfian Umar. Turut hadir seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemko Solok. 

Walikota Solok Zul Elfian Umar mengucap kan selamat datang kepada Deputi Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN-RI, dimana ini kali kedua kunjungan ke Kota Solok. Pada kesempatan itu, Walikota Solok berharap bimbingan dan arahan dari deputi kepada Kota Solok dalam bidang inovasi.

Zul Elfian Umar menegaskan kepada seluruh OPD, untuk terus menjadikan inovasi jadi Budaya disetiap OPD. Disampaikannya, dalam berinovasi jangan setengah-setengah, harus totalitas karna inovasi harga mati, tidak boleh ada kata berhenti dalam ber inovasi. Saya yakin, bapak/ibu sekalian adalah orang krang yang hebat. 

Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN-RI, pada kesempat an itu juga memberikan apresiasi kepada Kota Solok karena pernah meraih Kota Inovasi, yang mana telah melahirkan ratus an inovasi.

"Saya berharap, jangan sampai terlena dengan euforia sebagai kota inovasi. Jadikan ini sebagai semangat untuk selalu lahirkan inovasi-inovasi baru lainnya," tutur Tri Widodo. 

Dalam arahannya, Tri Widodo mengangkat tema “Menjaga Irama Kota Solok Berinovasi” dimana maksudnya adalah bagaimana Kota Solok bisa memepertahankan posisi Kota Inovasi, dan selalu melahirkan inovasi lainnya.

"Saya berharap Kota Solok bisa menjadi primadona disektor inovasi dibanding dengan daerah-daerah lainnya," ucapnya.

Tri Widodo akui Kota Solok memiliki potensi yang luar biasa di sektor pertanian, sebagai kota yang berada di jalur strategis. Sehingga dapat mendukung menjadi solok sebagai pusat perdagangan.

"Ini merupakan anugrah dari Allah, karena memiliki potensi pertanian yang luar biasa. Bagaimana bapak/ibu sekalian bisa me manfaatkan potensi yang ada. Jadikanlah inovasi itu untuk mencapai visi dan misi Kota Solok, karena visi misi itu lah untuk mencapai tujuan kita," sebutnya. 

Seperti Smart Branding Kota Solok dalam beberapa potensi wisata  dan investasi, misalnya Wisata Batu Patah Payo dan Sawah Solok. Menurutnya, Kota Solok sebetulnya sudah memiliki branding yang bagus, namun masih butuh effort lebih lagi untuk pengoptimalan media sosial dalam mem- branding Beras Solok dan wisata lainnya.

Sebelumnya Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Jonedi dalam laporannya mengucapkan tujuan dari kegiatan ini memberikan pengarahan ke pada OPD terkait, arah prioritas dalam inovasi untuk jangka waktu 5 tahun kedepan. 

"Manfaatnya sebagai rujukan bagi perangkat daerah dalam inovasi untuk Kota Solok, serta terpetakan kebutuhan inovasi masing-masing OPD," ucapnya. (Syafri)

Post a Comment

Previous Post Next Post