Bupati Dampingi Dirjen KKP Tinjau Nelayan Tambak Rejo


Realitakini.com-Blitar 
Bupati Blitar Rini Syarifah mendampingi Dirjen KKP TB Haeru Rahayu mengunjungi Pantai Tambak Rejo, di Desa Tambak Rejo Kecamatan Wonotirto. Kunjungan dari Dirjen KKP ini bertujuan memberikan dukungan kepada para nelayan setempat (20/11/2021). Forkopimda dan beberapa OPD terutama Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar turut serta dalam acara tersebut.  Selain itu dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI dari PKB, Anggia Ermarini.

Dalam sambutannya Bupati Blitar Rini Syarifah mengatakan bahwa potensi perikan an laut di di Blitar sangat besar, dalam satu tahun mampu menghasilkan 52 ribu ton. Hal ini sesuai dengan wilayah laut yang mem bentang sepanjang 45 kilometer persegi. Tidak hanya itu, di pesisir selatan Blitar juga terdapat 9 tempat pendaratan ikan dan satu tempat pelelangan. Dengan jumlah nelayan sebanyak 1367 orang.

Tidak hanya itu, di Blitar juga sudah ada 291 kapal dengan 258 kapal laut dan 41 kapal untuk perairan darat. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan agar lebih optimal.

"Perlu adanya sarana dan prasaranan yang baik agar hasil perikanan bisa berkembang dengan penambahan perahu, sarana dan prasarana para nelayan," kata Mak Rini dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini Bupati juga meng ucapkan terimakasih kepada KKP dan juga anggota DPR yang dalam kesempatan ini memberikan hibah dan bantuan kepada nelayan. Sehingga kedepannya dengan adanya bantuan tersebut mampu untuk mengoptimalkan sumberdaya perikanan.

Sementara itu, Dirjen KKP yang mewakili Menteri KKP yang berhalangan hadir mengatakan bahwa potensi kelautan dan hasil perikanan yang ada di Indonesia sangat besar. Hal ini bisa dilihat dari hasil tangkapan nelayan seluruh Indonesia. Untuk itu jika bisa meningkatkan perikanan maka akan bisa dilakukan ekspor.

Dirjen KKP juga menbahkan bahwa dalam kunjungannya bersama dengan DPR RI ini juga untuk membantu para nelayan dengan memberikan bantuan berupa kapal dan bantuan modal. Diharapkan nantinya dengan bantuan tersebut mampu membuat nelayan di Kabupaten Blitar agar bisa lebih banyak lagi menghasilkan produksi perikan an.

Acara yang dikemas dalam rangka hari gemar makan ikan ini ditandai dengan pemotongan tumpeng  dimsum ikan. Serta penyerahan bantuan dan hadiah bagi nelayan Blitar yang meraih juara 2 dalam lomba nelayan tingkat nasional. (
kmf/ edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post