Buka MTQ Nasional Ke-V Nagari Lubuk Basung, Bupati Agam: Bumikan Ayat Alquran

 

Realitakini.com, Agam - Alquran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang tak lekang oleh waktu bagi umat Islam. Alquran mampu menjawab kebutuhan umat, untuk itu ayat-ayat Alquran perlu dibumikan di kehidupan masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Agam melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs. Edi Busti, M.Si saat membuka MTQ Nasional ke-V tingkat Nagari Lubuk Basung, Senin (13/12).

Menurutnya, Alquran berisikan pesan moral yang luhur dan agung, sekaligus sumber nilai-nilai universal, ilmu pengetahuan hingga hikayat kehidupan.

“Beranjak dari hal itu, MTQ Nasional kelima tingkat Nagari Lubuk Basung ini diadakan, sebagai upaya membumikan ayat-ayat Alquran,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, MTQ tidak hanya semata-mata menjadi ajang untuk berlatih dan bertanding saja. Lebih dari itu, MTQ juga mengandung niatan suci untuk memahami subtansi ayat-ayat Alquran dengan benar dan tepat.

“Prestasi memang penting, tapi bukanlah segala-galanya. Terpenting bagi peserta adalah bagaimana menghayati dan mengamalkan ayat-ayat yang terkandung dalam Alquran,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya berharap para peserta yang diutus dapat mengikuti perlombaan dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan. Para peserta diminta tetap menjaga sportivitas, sebab prestasi tidak akan ada artinya kalau dilakukan dengan kecurangan.

“Kepada para panitia dan hakim, saya juga imbau agar bekerja dengan ikhlas dan sepenuh hati, semoga jerih payah saudara mendapat ganjaran setimpat di sisi Allah SWT,” ucapnya.

Ditambahkan, MTQ Nasional ke-V tingkat Nagari Lubuk Basung semoga dapat mewujudkan silaturahmi antara kaum muslimin, menonjolkan semangat persaudaraan, persatuan dan kerukunan antas sesama.

“Kami berterimakasih kepada pemnag Lubuk Basung yang telah menyelenggarakan ajang yang mulia ini, semoga menjadi amal bagi kita semua,” ujarnya. (Aldi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama