Kubu Gadang Fest'21 Dibuka Wako Padang Panjang Fadly Amran


Realitakini.com-Padang Panjang
Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano buka pagelaran Kubu Gadang Fest 2021 (KGF'21), di Desa Wisata Kubu Gadang, Ahad (26/12). 

KGF'21 merupakan kegiatan kolaboratif antara mahasiswa magang Kampus Merdeka di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kubu Gadang. 

Dengan dinobatkannya Desa Wisata Kubu Gadang sebagai Wisata Berkelanjutan Tahun 2021, membuat potensi-potensi yang ada di Kubu Gadang bisa lebih dimanfaatkan, salah satunya melalui KGF'21 ini. 


"Budaya-budaya kearifan lokal Minangkabau banyak sekali yang bisa digali di Kubu Gadang ini. Seperti silek lanyah, cara menanam padi, memetik cabai dan banyak lagi. Dengan adanya KGF'21 ini dengan banyak kegiatan, juga bisa membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar," ujar Wako Fadly.

Wako Fadly yang didampingi Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Zulkifli, SE disambut dengan Tari Pasambahan serta pemasangan deta dari Niniak Mamak Kubu Gadang, Jufri Datuak Sati yang sekaligus pendamping Pokdarwis Kubu Gadang. 

Seusai membuka KGF'21, Wako Fadly menerima Piagam Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2021 dari Pokdarwis Kubu Gadang yang sudah menerima secara langsung di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Fadly juga menyempatkan diri melihat pengunjung yang belajar menanam padi di sawah yang banyak diikuti anak-anak dari luar Sumatera Barat, seperti Yogyakarta. 


Tidak hanya itu, Fadly dan rombongan juga membeli makanan tradisi Minangkabau yang tersedia di lapak-lapak Pasar Digital Kubu Gadang. (Alfin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama