Pemburu Luar Provinsi Siap Ramaikan Buru Alek Taeh-Mungka

Realitakini.com -- Pasaman
Perkumpulan Olahraga Buru Babi (Porbbi) Limapuluh Kota baralek gadang.Minggu (19/12/2021) ribuan pecandu buru babi dari berbagai daerah dan provinsi akan menghadiri buru alek di Taeh-Mungka, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota.

Tokoh masyarakat setempat yang akrab disapa Mak Andes Z Manggani mengatakan, buru alek Taeh-Mungka sudah dipersiapkan dengan matang oleh panitia dan dibantu masyarakat.Bahkan undangan buru alek juga disebar hingga ke Pekanbaru, Provinsi Riau, Provinsi Kepri, Aceh, Bengkulu, Jambi dan daerah-daerah lainnya, baik dalam dan luar provinsi.

"Ribuan penghobi buru akan hadir pada buru alek ini. Kita sudah persiapkan dengan matang. Semua nanti juga akan berjalan sesuai protokol kesehatan," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan itu juga sebagai bentuk silaturahmi antar sesama penghobi baru. Apalagi dalam dua tahun terakhir semua terjarak karena pandemi Covid-19.

"Semoga dengan kegiatan ini, silturahmi seluruh penghobi buru yang ada di tiap daerah dan provinsi semakin terbangun dengan baik,"ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Buru Alek Taeh-Mungka, Roy Putra mengatakan, buru alek tersebut mengusung "Nagari Taeh- Mungka Luak Limo Puluah Kota, Payokumbuah Baralek Gadang".Dalam kegiatan itu, semua perizinan sudah dilakukan pengurus, baik di tingkat nagari, kecamatan hingga ke penegak hukum.

"Jadi semuanya sudah beres dan tidak ada kendala lagi," ujarnya.

Jika tidak ada aral melintang, pengurus dan panitia juga menjadwalkan kehadiran bupati dan wakil bupati untuk membuk kegiatan.Ia menambahkan, lokasi buruan sesuai permintaan masyarakat nantinya akan menyisir, Taeh Baruah, Taeh Bukik, dan Mungka.

 Di lokasi itu hama babi disebutkan warga sudah sangat meresahkan dan memasuki lokasi pertanian dan perkebunan warga.

Sementara itu, untuk menyambut tamu undanga yang datang, malam nanti (18/12), para tamu akan dihibur kesenian tradisional Saluang Dangdut. Selain itu juga diadakan. Kegiatan lelang singgang ayam yang dulunya sudah mentradisi di Ranah Minang.

"Inilah silaturahmi penutup dinakhir tahun. Semoga kita semua semakin kompak" ujarnya.

Ia juga mengimbau agar tamu undangan yang sedang dalam perjalan berhati-hati dan tetap waspada menjaga keselamatan.

"Semoga buru alek kita ini sukses dan perjalan dengan lancar," pungkasnya.(Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post