Balai Ternak Baznas Balimbiang Saiyo Pemberdayaan Untuk Wujutkan Mustahik Jadi Muzakih

Realitakini.com Tanah Datar                              
Balai ternak Baznas "Balimbiang Saiyo" yang terletak di jorong kinawai nagari Balimbing kecamatan Rambatan merupakan, bantuan ternak dari program Baznas dalam rangka pemberdayaan dan pembina an Mustahik berupa bantuan ternak kambing dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga dari Mustahik menjadi muzakih.

Balai ternak Baznas launching pada tanggal 03 Oktober 2021 lalu dihadiri oleh wakil II Baznas RI Saidah Sakwan, MA, kini memiliki 60 ekor kambing yang di kelola harta oleh Mustahik penerima bantuan ternak kambing sebanyak 12 orang yang tergabung dalam kelompok Balimbiang Saiyo.

Saat ditemui di lokasi, Senin (10/01/2022) ketua balai ternak Davit saat  itu mendampingi ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah , yang juga menerimah kunjungan dari Kepala UPT Pertanian Tanah Datar Drh Riko Mantarika didamping Drh Zulaidar, dan Mantari Hewan Hepi men memberikan keterangan sangat bersyukur dengan adanya bantuan ternak dari Baznas.

"Alhamdulilah kami dipercaya mengelolah balai ternak yang merupakan bantuan Baznas untuk para mustahik, dengan 12 anggota penerima bantuan, dan semuanya yang tergabung disini sudah memiliki pengalaman dalam beternak kambing, seperti jika ada kambing sakit kita obati karena disini ada dokter hewan yang bertugas dan juga kesedian obat seperti, obat untuk mata, obat mencret atau pun vitaminnya, sementara untuk kebersihan kandang selalu di bersihkan tiap hari," ujarnya.

Sementara itu kepala UPT Pertanian, Drh Riko Mantarika, mengatakan jika ternak kambing memenuhi syarat untuk pemeliharaan, jika ada yang sakit menurut Riko itu karena perjalan jauh dan perubahan suhu, apalagi menurutnya kambing masuk kandang baru 25 hari.

"Kita apresiasi ya buat Baznas dengan program balai ternak, secara tidak  langsung sudah ikut  membantu pemerintah dalam upaya membantu perekonomian masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya," ujarnya.

Ketua Baznas Tanah Datar saat ditemui di lokasi memberikan keterangan bahwa program balai ternak Baznas tanah datar merupakan tindak lanjut daripada program Baznas RI dalam upaya membantu Mustahik dalam meningkatkan perekonomian dengan bantuan ternak kambing.

"Baznas memilih nagari Balimbiang sebagai balai ternak karena ada 143 KK yang sudah memiliki ternak dan disamping itu juga sudah mendapat rekomendasi sebagai tempat layak dari  untuk balai peternakan kambing dari Baznas RI dan dari Loka penelitian kambing potong ( Lolit ) Medan sesuai dengan kontrak kerjasama kita dengan mereka," terang Yasmansyah.

Menurutnya dari 60 ekor kambing di balai ternak Balimbiang  Saiyo itu, memang ada 3 ekor kambing yang sakit dan sudah di berikan obat serta tempatnya sudah dipisahkan dan setiap hari balai ternak dipantau dan diawasi oleh dokter hewan yang sudah dikontrak oleh Lolit Medan.

"Kenapa kita pilih kambing kacang untuk pengembang biakan, karena kambing kacang merupakan rekomendasi dari Lolit medan, seperti jika ada kambing yang mati akan diganti, kedua diberikan obat, ketiga jika nanti misalnya kambing di balai ternak ini sepi pembeli, Lolit Medan bersediah membeli ke balai ternak, Baznas tidak mendapatkan untung, ataupun bagi hasil, ini murni bantuan untuk Mustahik dengan harapan tiga tahun kedepan para penerima bantuan ternak sudah bisa memberikan zakatnya ke Baznas dari Mustahik menjadi Muzakih itulah tujuan Program balai ternak Baznas," tutup Yasmansyah Ketua Baznas Tanah Datar. (M)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama