Tingkatkan Taraf Kesejahteraan Masyarakat, Pemkab Fokus Kembangkan Potensi Lokal

Realitakini.com-Pesisir Selatan
Dalam rangka peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan fokus pada pengembangan potensi lokal. Pasalnya, penyumbang tertinggi dalam pertumbuhan ekonomi Pesisir Selatan adalah sektor primer seperti pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan. Hal itu dikemukakan Bupati Rusma Yul Anwar, Selasa (11/1).

Terkait hal itu lanjut bupati, pemerintah daerah dalam RPJMD 2021-2026 telah menyusun berbagai langkah strategis dalam mencapai target. Dari sisi hulu, peningkatan penggunaan bibit unggul dan ketersediaan pupuk bagi petani.

Sementara dari sisi hilir, memacu pemberian nilai tambah sektor pertanian. Selama ini, olahan hasil pertanian masih minim, sehingga belum memberikan nilai tambah. Dengan adanya nilai tambah produk pertanian, diharapkan nilai tukar petani menjadi naik.

Dikatakan, upaya tersebut sekaligus sebagai langkah konkrit dalam mencetak 1.000 wirausaha muda  dalam rentang waktu 5 tahun ke depan. Daerah yang maju adalah daerah dengan jumlah wirausaha yang tinggi.

Untuk itu, bupati mengaku dirinya dan wakil bupati meminta perangkat daerah bidang ekonomi untuk melakukan pemetaan potensi dan jumlah tenaga kerja di masing-masing dinas.

“Lebih dari itu, dalam visi-misi 5 tahun ke depan pemerintah daerah juga bakal menjadikan nagari sebagai fokus pembangunan. Sesuai Nawa Cita Presiden Joko Widodo yaitu membangun mulai dari pinggir,” jelasnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama