Program Lumbung Pangan Baznas, Bupati Hadiri Panen Lobak Perdana


Realitakini.com Tanah Datar                              -Bupati Tanah Datar Diwakili Kadis Pertanian Yulfiardi  menghadiri Panen Lobak perdana, Selasa (15/02/2022) di Jorong Sikabu Nagari Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar  Sumatra Barat.

Turut hadir dalam panen lobak perdana itu Pimpinan Baznas Propinsi Oleh Wakil ketua Dr Ir Busral, Kepala Baznas Yasmansyah, wakil ketua 1 Syafrijal, wakil ketua II Warnelis Wadman Khatik Mustafa beserta Amil Zakat, Camat X Koto, KUA, UPZ Walinagari Singgalang Jajaran dinas pertanian, kelompok tani serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah menyampaikan bahwa panen lobak merupakan program Baznas Yang bantuan modalnya berasal dari Baznas Tanah Datar  dengan berkoordinasi dengan dinas pertanian untuk penyuluhan  pengolahan lahan.

"Panen lobak di kelompok tani di jorong Sikabu  merupakan program lumbung pangan Baznas RI yang yang sumber bantuan modalnya berasal  Baznas Tanah Datar dan satu lahan yang baru ditanami merupakan bantuan dari Baznas propinsi Sumatra Barat, lahan sekitar lebih kurang 2 Hektar sebelumnya merupakan lahan tidur selama 4 tahun dan alhamdulilah hari ini merupakan panen perdana, dan sebelumnya panen sawi, semoga bermanfaat bagi penerima bantuan," ujar Yasmansyah.

Dalam  kesempatan itu Yasmansyah juga menjelaskan dalam pendayagunaan lumbung pangan tidak ada pembagian hasil kepada Baznas karena itu murni bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik, dengan tujuan mengembangkan modal setelah panen petani kembali lagi bertanam sayuran dengan modal dari hasil panen sayur.

Sementara itu Wakil ketua II Baznas Propinsi Dr Ir Busral menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan Baznas tanah datar dan masyarakat petani  setempat yang sudah  mempercayai  Baznas propinsi dalam turut

"Hari ini kita datang untuk melihat bantuan dari  Baznas propinsi kepada kelompok tani sekaligus melihat langsung panen lobak perdana dari kelompok tani yang bantuan modalnya dari Baznas tanah datar, untuk itu kami atas nama Baznas propinsi mengucapkan terimakasih kasih atas dipercayainya Baznas sebagai tempat menyalurkan zakat sehingga Baznas bisa menyalurkan kepada penerima manfaat," katanya.

Sementara itu Walinagari Singgalang dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas yang sudah menyalurkan bantuan kepada kelompok tani didaerahnya.

Sementara itu Bupati tanah datar diwakili kadis pertanian Yulfiardi menyampaikan mengucapkan terima kasih kepada Baznas propinsi dan Baznas kabupaten yang sudah membantu perekonomian masyarakat dengan bantuan program pertanian.

"Di kabupaten Tanah Datar sekitar 64,46 % merupakan KK petani dan sekitar 17.000 KK atau 13 % merupahkan petani miskin dan dengan adanya bantuan dari Baznas dengan programnya, telah membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan, apalagi potensi di X koto adalah penghasil sayur, dari analisa dinas pertanian modal untuk petani sayur membutuhkan modal produksi lebih besar daripada petani padi, untuk itu atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Baznas," tutup Yulfiardi Kepala Dinas Pertanian.(M)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama