Didapuk Jadi Pemateri, Wartawan Realitakini.com Sijunjung Ajak Humas menjadi Kontributor Berita

Realitakini.com-Sijunjung
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sijunjung menggelar acara Pembinaan Kehumasan bagi Satker di ruang lingkup Kemenag Sijunjung. Acara berlangsung hari Kamis (24/03/2022) di Lt.2 Wisma Keluarga Muaro Sijunjung. Kegiatan terbatas itu diikuti oleh 30 orang Humas dari berbagai Satker di ruang lingkup Kemenag Sijunjung. Dipandu oleh Humas Kemenag Nori Bahar, S.H.I dan Yudiani Fatmalia, S.Pd.I. 

Wartawan Realitakini.com Hasnawati, yang dinyatakan lulus UKW dari LPDS dan Dewan Pers di Padang tanggal 5 Maret 2022 lalu, hadir sebagai pemateri dalam sesi keempat dengan tema "Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Komunikasi Publik". Membahas tentang pengertian, fungsi, jenis, manfaat dan segala hal yang terkait dengan media sosial  maupun media komunikasi serta cara publikasi di Media Sosial.

Hasnawati juga menawarkan kerjasama untuk menjadi kontributor berita media online Realitakini.com kepada sekitar 30 orang peserta yang hadir. Caranya dengan mengirimkan via Whattsapp laporan kegiatan terkini mereka lengkap dengan dokumentasinya untuk dibantu publikasi di media online Realitakini.com.

Tawaran tersebut mendapatkan respon cepat dari beberapa orang yang hadir yang memang tertarik dengan dunia jurnalistik. Diantaranya adalah Humas MTsN Palangki, Dafrizal dan Humas MTsN Padang Sibusuk, Hanif. Kemudian juga ada Fungsional Kantor KUA Koto VII, Armen. 

Selain itu, Hasnawati juga mengingatkan tentang pentingnya keakuratan data dan fakta dilapangan, serta menghindari memposting ke Media Sosial beberapa hal yang termasuk dalam pelanggaran UU ITE no. 19/tahun 2016. Tentunya untuk keamanan dan kenyamanan bersama serta menghindari tindakan hukum yang bisa saja terjadi dikemudian hari.

Antara lain yang dilarang adalah penyebaran berita hoaks, fitnah, pengancaman, pemerasan dan lain-lain.
Hasnawati berharap kedepannya Humas dari instansi lain juga mengadakan acara serupa guna meningkat kan pelayanan dan keterbukaan informasi publik dari instansi tersebut.(Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama