Kunjungi Tanah Datar, AHY Berikan Kuliah Umum Dan Camping Di Aur Sarumpun

Realitakini.com Tanah Datar.                              
-Direktur Eksekutif the Yudhoyono Institute sekaligus Ketua Overlending Agus Harimurti Yudhoyono melakukan  kunjungannya ke Kabupaten Tanah Datar selama 2 (dua) hari dari 22-23 Maret 2022. 

Dalam kunjungan itu Agus Hari Murti Yudhoyono atau lebih akrab disapa AHY  mengadakan camping di Aua Sarumpun pada tanggal 22 Maret yang terletak di Nagari Tigo Koto Kecamatan Rambatan juga mengadakan kuliah umum dengan tema Membangun Sumber Daya Bangsa menuju Indonesia Emas 2045 

Kuliah umum yang digelar di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar pada hari Rabu (23/03/2022) itu diikuti oleh sekitar 500 orang peserta yang berasal dari perwakilan siswa SMA sederajat se-Kabupaten Tanah Datar, mahasiswa, unsur pemuda nagari se-Tanah Datar juga perwakilan organisasi kepemudaan yang ada. 

Turut hadir anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrat Rezka Oktoberia, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Dt. Intan Bano, Bupati Tanah Datar periode 2005-2015 Shadiq Pasadigoe, Wakil Bupati Tanah Datar periode 2000-2005 yang juga sebagai ketua MUI Tanah Datar H. Masnefi, Wakil Bupati sekaligus Bupati Tanah Datar periode 2015-2021 Zuldafri Darma, Forkompimda Tanah Datar, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, tokoh masyarakat Sumatera Utara Mulyadi, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM menyampaikan dalam menciptakan Sumberdaya Manusia Yang berkarakter pemerintah Tanah Datar telah meluncurkan program unggulan satu rumah satu hafizh/zah yang bertujuan untuk generasi tanah datar yang memiliki karakter yang kuat dalam menyongsong tahun emas tahun 2045.

"Selain program satu rumah satu hafidz/zah, pemerintah Tanah Datar juga memiliki program satu nagari satu event yang diharapkan mampu meningkatkan ruang kreativitas bagi pemuda, UMKM, klub olahraga, seni, pelestarian budaya dan juga pariwisata nagari," kata bupati

Lebih lanjut bupati Eka Putra menyampaikan sesuai dengan visi terwujutnya kabupaten Tanah Datar   yang madani berlandaskan adat basandi sara' sara' basandi kitabullah, memiliki komitmen dan perhatian yang tinggi terhadap dunia pendidikan dan merumuskannya didalam misi ke-3, yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. 

'Untuk merealisasikan harus diimplementasikan melalui pendidikan formal yang berkelanjutan dan peningkatan kompetensi melalui kegiatan-kegiatan yang membentuk SDM yang berkualitas dan salah satunya melalui pelatihan, seminar, dan kuliah umum seperti yang dilaksanakan pada hari ini," sampainya.

Dalam kesempatan itu bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran AHY ke Tanah Datar sekaligus memberikan kuliah umum dan  berharap semua peserta bisa mengikutinya dengan serius karena kesempatan itu jarang terjadinya.
 
Sementara itu dalam kuliah umum tersebut AHY menyampaikan tujuan utama kedatangannya bersama tim kali ini ke Sumatera Barat untuk memberikan bantuan sosial kepada korban gempa yang ada di Pasaman Barat dan Pasaman. 

"Saatnya kita berbagi dengan saudara kita di Pasaman dan Pasaman Barat, selanjutnya ke Bukittinggi, dan melakukan camping di Aua Sarumpun yang ada di Tanah Datar, dan sekarang memberikan kuliah umum dengan para generasi muda di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar dan akhirnya nanti akan bertolak ke Kabupaten Solok Selatan dan kembali lagi ke Jakarta," katanya.

Dalam kesempatan itu AHY tidak lupa  mengomentari keindahan alam Aur Sarumpun yang ternyata menurutnya sangat indah di pagi hari dan sangat luar biasa dengan adanya danau Singkarak di bawahnya.

Dalam kuliah umum AHY menyampaikan  dalam menyambut Indonesia Emas pada tahun 2045, Indonesia sudah menyiapkan Sumber Daya Manusia dari sekarang. Karena menurutnya, para generasi muda saat inilah yang akan menjadi pemimpin disemua lini dan sektor dimasa depan. 

"Indonesia negara yang sangat besar, untuk itu disemua sektor kita harus kuat. Tantangan hari ini penuh dengan ketidakpastian, untuk itu kita harus cerdas dalam menyikapinya. Kita bangsa yang besar, untuk itu kita juga harus punya mimpi yang besar pula," kata Agus Harimurti Yudhoyono.

Untuk itu menurut AHY perlunya mempersiapkan diri dari sekarang untuk menyongsong tahun 2045 itu menjadi sangat penting karena seluruh negara akan memperebutkan berbagai sumber kehidupan, semuanya akan berebut sumber energi, air bersih, sumber mineral, ekonomi dan yang lainnya, kalau kita tidak mempersiapkan SDM dari sekarang. (M)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama