Songsong Ramadhan, PMI Sijunjung Gelar Donor Darah Berhadiah Doorprise

Realitakini.com--Sijunjung, 
Palang Merah Indonesia (PMI) Sijunjung bekerjasama dengan UTD RSUD Sijunjung mengadakan kegiatan Donor Darah berhadiah doorprise di kawasan RTH Logas Muaro Sijunjung pada hari Rabu (30/03/2022). Kegiatan itu dimulai jam 08.00 dengan dibuka oleh Wakil ketua PMI drs. Syahrial. MM mantan staff ahli Pemdakab Sijunjung.Didampingi oleh Pinca Bank Nagari Sijunjung Yose. 

Diselenggarakan selama dua hari, mulai Rabu s/d Kamis tanggal 30-31 maret 2022. Dengan pesertanya dari berbagai kalangan seperti ASN, Ormas, OPD, BUMN dan BUMD.Diantara yang mendonorkan darah nya, Kabag AP Sekdakab Nasrijon dan beberapa orang Kasubag di lingkungan Pemdakab Sijunjung. Sampai siang tadi sudah ada 36 orang pendonor dengan jumlah terbanyak dari ASN.

Kepala Markas PMI Sijunjung Rezky Fitra menuturkan kepada Realitakini.com, jumlah personil yang ber tugas dari UTD RSUD Sijunjung sebanyak 11 orang, tenaga medis sebanyak 2 orang yang merupakan tenaga Ambulance dari puskesmas Gambok serta anggota PMI sebanyak 7 orang. 

Doorprise yang digunakan sebagai daya tarik kegiatan ini disediakan oleh beberapa sponsor kegiatan antara lain dari Bank Nagari, BRI, BNI, Dinsos, Dukcapil, Pangan Perikanan, BPBD, Cempaka Motor, RSUD Sijunjung, PDAM. Doorprise tersebut bisa didapatkan berdasarkan undian nomor pendaftaran. Aksi donor darah ini dibuka mulai jam 09.00-15.00 wib.

Rezki Fitra mengatakan bahwa kegiatan ini biasanya dilakukan dalam momen tertentu seperti HUT Kabupaten Sijunjung, HUT PMI, HUT TNI, HUT Bhayangkara dan lainnya. Untuk momen menyambut Ramadhan baru kali ini dilaksanakan dengan tujuan mempersiapkan stok darah di UTD RSUD Sijunjung. Karena saat berpuasa nanti akan kesulitan mencari pendonor. Dengan jumlah pendonor tetap sebanyak 25 orang untuk wilayah Kabupaten Sijunjung dirasa tidak mencukupi untuk kebutuhan transfusi darah, apalagi dengan adanya rentang waktu 3 bulan untuk bisa donor darah kembali membuat pasien banyak yang kesulitan mendapatkan transfusi darah.

Dengan adanya permasalahan seperti itu, PMI Sijunjung berencana mengadakan Sosialisasi dan Aksi Donor Darah di tiap Nagari di Kabupaten Sijunjung. Gunanya adalah untuk mencukupi kebutuhan transfusi darah pasien yang berasal dari masing-masing Nagari tersebut. Yang sudah merespon rencana tersebut adalah Nagari Padang Sibusuk dan Nagari Kumanis. Sedangkan yang telah rutin melaksanakan adalah Nagari Kunpar Kamang Baru Sijunjung, Sumatera Barat. (Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama