Wabup Sijunjung Dukung Wartawan Realitakini.com Lulus UKW Dewan Pers

Realitakini.com-Sijunjung
Dewan Pers menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) selama dua hari mulai tanggal 4 s/d 5 Maret 2022 di Hotel Mercure Padang.Dengan tim penguji dari Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) dan London School Publik Relation (LSPR).

Realitakini.com mengirimkan 5 orang wartawannya dari 84 orang peserta UKW Dewan Pers, untuk mengikuti tahap demi tahap. Setelah mengikuti rangkaian tes seperti seleksi administrasi pada bulan Januari 2022, kemudian tes pra-UKW pada tanggal 23 Februari 2022, tersisa dua orang Wartawan Realitakini.com dari total jumlah 54 orang (24 orang peserta dengan tim penguji dari LPDS dan sisanya 30 orang bergabung di tim penguji dari LSPR), yang siap untuk melaju ke Padang guna mengikuti UKW yaitu Hasnawati dari Kabupaten Sijunjung dan Novra Nurman dari Kabupaten Pasaman Barat.

Banyak persiapan yang dilakukan berdasarkan pengalaman pemilik media yakni Cimrawati yang telah menyandang predikat Wartawan Utama dari Dewan Pers. Dan juga berdasarkan panduan dari Abdi, Indri serta Niswa dari tim LPDS. Segala buku yang berbau jurnalistik dibabat habis. Masa persiapan yang singkat dari pengumuman hasil ujian Pra-UKW tanggal 24 Februari 2022 hingga tanggal 3 Maret 2022 benar-benar membuat berpacu dengan waktu.

Hasnawati yang baru dua tahun bergabung di dunia jurnalistik, awalnya merasa pesimis bisa lulus mengingat banyaknya rekan wartawan yang tersandung di UKW, tapi berkat doa keluarga tercinta serta dorongan motivasi yang gencar dari pimpinan media, akhirnya segala kesulitan bisa teratasi walau tidak mudah.

Sebenarnya yang diuji adalah hal-hal yang biasa dilakukan dalam keseharian seorang jurnalis, namun karena didepan penguji mental langsung anjlok. Apalagi waktu yang disediakan sangat terbatas. Biasanya mengetik di Handphone sekarang ditugaskan membuat berita memakai laptop. Kadang inspirasi mengambang karena sering ditanya peserta lainnya. Berburu berita, terjepit saat mengambil dokumentasi, kehabisan baterai HP saat sedang wawancara disela teriakan tim penguji mengingatkan durasi waktu yang tersisa, akan menjadi suatu kenangan indah pada masanya nanti.

Tim penguji dari LPDS ada 5 orang dan salah satunya Zaenal Aripin penulis di Radar Bekasi yang juga dosen ini, merupakan penguji dari kelompok yang diikuti oleh Hasnawati. Banyak hal baru yang didapatkan dari penguji yang satu ini. Mulai dari trik menulis judul, mencari angle berita, juga cara mengambil dokumentasi yang benar. Belajar dari kesalahan adalah motto yang tepat sampai akhirnya dinyatakan lulus pada tanggal 5 Maret 2022.

Hasnawati berharap dengan sedikit ilmu yang telah didapatkan dan predikat sebagai Wartawan Muda dari Dewan Pers, bisa memberikan sumbangsih serta partisipasi terhadap pembangunan dan info terkini di daerahnya. 

Selain itu Hasnawati ingin mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Pimpinan Media online Realitakini.com Cimrawati, seorang wanita tangguh yang tidak bosan-bosannya mengajari dan memotivasi, kemudian Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt, Dandim 0310/SSD Letkol inf. Endik Hendra Sandi dan Kadis Dagperinkop Sijunjung Yulizar, atas kerjasamanya sebagai Narasumber yang dihubungi pada hari Sabtu siang (05/03/2022) saat ujian tersebut. Walaupun tidak dalam jam kerja namun para Narasumber yang dipilih dan ditentukan oleh tim penguji dari LPDS, bersedia mengangkat telepon dan diwawancarai via HP. 

"Tak lupa ucapan terima kasih juga kami sematkan kepada Kadis Kominfo Sijunjung Rizal Effendi, Sekdakab Sijunjung Zefnihan, Kadis Pertanian Ir. ronaldi, Kadis Sosial Yofritas, Kadis Dukcapil Febrizal Anshori, pimpinan DPRD Sijunjung Syofian Hendri dari PKS dan Redi Susilo dari Demokrat, Paur Humas Polres Sijunjung Iptu Nasrul N. serta seluruh Narasumber berita lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Semoga kedepannya lebih baik lagi,"pungkasnya.(Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama