Pengurus Dekopinda Tanah Datar Masa Bakti 2020-2025 Resmi Dikukuhkan

Realitakini.com Tanah Datar                              
Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM didampingi Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah wilayah Sumbar Ir. H. Hendra Irwan Rahim, mengukuhkan dan melantikan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) kabupaten Tanah Datar masa bakti 2020-2025.

Pelantikan pengurus Dekopinda tersebut digelar di Gedung PKK Komplek Indojolito Batusangkar Sumatra Barat, Kamis (28/07/2022) dihadiri oleh Forkopimda, Kapolres Tanah Datar Ruly Indra Wijayanto, SH, S.I.K, M.Si, Forkopimda, Asisten II, Kepala OPD, Kadis Dinas Koperindag, TPPK Erigas Eka Putra dan Edi Susanto, camat, pengurus yang dilantik dan tamu undangan lainnya.

Acara dimulai dengan pembacaan surat keputusan oleh sekretaris Dekopinda wilayah provinsi Sumatra Barat tentang susunan pengurus Dekopinda Kabupaten Tanah Datar.

Dalam kesempatan itu Ketua Dekopinda kabupaten Tanah Datar yang baru dilantik Nasfizar Gusfendri, SE, M.Si menyampaikan atas nama pengurus yang baru dilantik akan berusaha untuk bagaimana menjadikan koperasi yang bisa menjadi program gubernur dan mendukung program pemerintah daerah Tanah Datar.

"Kita Dekopinda di Tanah Datar berharap dari lebih kurang 200 koperasi yang ada  cuma 117 koperasi yang masih aktif dan lebihnya tidak aktif atau tidak melaksanakan RAT akan kita dampingi untuk bisa aktif kembali untuk melaksanakan program dari koperasi dengan ikon syariah sesuai dengan program bupati tanah datar yang dengan visi misi Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah," ujarnya.

Lebih lanjut Nasfizar menyampaikan dengan program pemerintah daerah Tanah Datar  perang terhadap rentenir koperasi nagari syariah hadir untuk mendukung program bupati Tanah Datar tersebut dalam menyelamatkan masyarakat dari rentenir untuk itu ia berharap dukungan dari semua pihak.

Sementara itu ketua Dekopinda provinsi Sumatra Barat Ir. H. Hendra Irwan Rahim yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Sumbar dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi  kepada bupati Eka putra yang sudah memberikan dukungan dan perhatian kepada Dekopinda.

"Peringatan Hari koperasi mendatang akan dilaksanakan di Sumatra Barat dan biasanya akan dihadiri oleh presiden RI untuk itu kita berharap presiden bisa membukanya karena peringatan kemarin Mentri yang buka, koperasi syariah dimulai dari Sumatra Barat," sampainya.

Hendra Irwan Rahim juga menyampaikan  hari ini juga ia akan melantik pengurus Dekopinda kota Sawahlunto untuk itu ia juga berharap kepada masyarakat Tanah Datar serta semua pihak dalam membesarkan koperasi di daerah Tanah Datar khususnya.

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Forkopimda yang hadir, Kapolres Tanah Datar, Kajari yang diwakili Kasi Intel, Perwakilan dari Kodim 0307 TD, serta Ketua PN Batusangkar, kepada semua tamu undangan yang hadir, serta ucapan selamat  kepada ketua dan pengurus Dekopinda masa bakti 2020-2025 yang sudah dikukuhkan.

"Saya yakin Dekopinda memberi warna kepada Tanah Datar  untuk itu atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih dengan dikukuhkannya pengurus Dekopinda sebagai mitra pemerintahan  yang di harapkan bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam memberantas rentenir di  sesuai dengan program pemerintah daerah Tanah Datar," ujarnya.

Lebih lanjut bupati menyampaikan dalam kegiatan UMKM, masih ada koperasi yang belum berhasil dan memiliki  permasalahan internal seperti tidak memiliki  permodalan dan berbagai persoalan lainnya.

"Semoga dengan pengurus baru dikukuhkan ini di Tanah Datar akan didirikan koperasi syariah dan sebagai pemerintah daerah selaku bupati sangat mendukung sekali program koperasi syariah ini untuk itu kami akan mengajak serta pengurus Dekopinda ini mari kita sama-sama majukan koperasi ini akan bersinergi bersama dengan program kami  perang rentenir yaitu makan randang "maksimalkan pemberantasan perang terhadap rentenir di Tanah Datar," pungkas Eka Putra. (M)

Post a Comment

Previous Post Next Post