Gebyar Ultah ke - 8 Media Realitakini.com, Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Santuni Anak Yatim

Realitakini.com-Sijunjung 
Dalam rangka memperingati Ulang Tahun ke - 8 Media Realitakini.com menggelar pelatihan jurnalistik bagi pelajar SLTA dan tingkat umum dengan tema 'Membangun Jurnalistik Muda Yang Cerdas, Kritis dan Berkarakter" di Aula Gedung Dinas Per pustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Sabtu (24/9/2022).
Pelatihan tersebut dibuka BupatiKabupaten Sinjunjung di wakili Sekretaris Dinas Kominfo Syamsu Rijal, turut hadir Kadis Perpustakaan dan Kearsipan diwakili Kabid Otomasi dan Pelayanan Rika Nursanti,S.Pt. M.M, sekaligus sebagai Nara sumber. Peserta pelatihan jurnalistik terdiri siswa SLTA dari 11 Sekolah se-Kabupaten Sijunjung.Bupati melalui Sekretaris Kominfo Kabupaten Sijunjung saat membuka acara, menyampaikan pelatihan dasar jurnalistik ini momentum kita bersama untuk mencari bibit penulis serta jurnalis dari Ranah Lansek Manih.
Ia juga menyebutkan dari tanah bumi Sijunjung lahir tokoh Pers Nasional  dan Dunia yakni Jamaluddin Adinegoro. Yang namanya disematkan menjadi nama Jalan di Kabupaten Sijunjung.Selain Adinegoro, di Ranah Minang juga melahirkan Penulis dan Wartawan terkenal yang menjadi Pahlawan Nasional seperti Rohana Kudus, Rosihan Anwar, Muchtar Lubis yang terlahir di Sumatera Barat dan nama mereka di abadikan menjadi nama jalan dan nama gedung.
Kita berharap kalian ini akan jadi penerus tokoh - tokoh pers yang di Sijunjung mau pun Sumatera Barat, Dan kepada peserta nantinya agar dapat memperhati kan dan mendengarkan materi yang diberikan oleh instruktur," harap Syamsu Rijal.Mengakhiri sambutannya, Sekretaris Diskominfo Sijunjung yang dipanggil bang Chay ini sangat mengapresiasi pelaksanaan pelatihan jurnalistik tersebut dan untuk ulang tahun Realitakini.com selanjutnya   Pemerintah Daerah Sijunjung siap mem fasilitasi pelatihan Jurnalistik di Ranah Lansek Manih ini.
Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, me lalui Kabid Otomasi dan pelayanan Rika Nursanti,S.Pt. M.M mengucapkan Terima kasih pada Realitakini.com yang telah melaksanakan pelatihan jurnalistik bagi siswa tingkat SLTA se Kabupaten Sijunjung.Ia juga menyampai kan pelatihan jurnalistik yang sangat dekat dengan literasi, tentu sangat berhubungan dengan perpustaka an. Untuk pelatihan jurnalistik seperti ini pihak pustaka belum bisa melaksanakannya 
"Alhamdulillah, mitra kami Media Realitakini.com  dapat melaksanakan pelatihan jurnalistik untuk siswa SMA  di Kabupaten Sijunjung, nanti pihak pustaka akan menyediakan pojok untuk memajang karya penulis lokal Sijunjung. Tidak hanya berita, tapi karya tersebut juga bisa berupa cerpen, puisi dan karya ilmiah," katanya.Terakhir Rika Nursanti berharap kepada peserta pelatihan dapat menjadi jurnalis - jurnalis yang handal dan bisa menulis berita - berita yang disebarkan kepada masyarakat.Sebelumnya, Pimpinan Redaksi Realitakini .com Cimrawati, S.Ikom mengatakan dalam memperingati ulang tahun Realitakini.com ke-8 melaksanakan kegiatan Pelatihan jurnalistik dasar untuk siswa SLTA dan untuk umum se Kabupaten Sijunjung.
"Selain pelatihan jurnalistik, Realitakini. com juga melaksanakan santunan untuk anak panti asuhan serta  berbagi bersama masyarakat yang kurang mampu," ungkap nya.Cimrawati  juga mengatakan pelaksanaan santunan anak Panti asuhan rutin tiap tahun dilaksanakan. Sementara untuk pelatihan jurnalistik yang perdana di laksanakan dan Kabupaten Sijunjung merupakan tuan rumah dari kegiatan ini.
Pemateri dalam pelatihan jurnalistik tersebut terdiri dari tiga orang, antara lain Sekretaris Kominfo Kabupaten Sijunjung dengan materi Pers Mitra Strategis Pemerintah. Tampil di sesi kedua, Korda Padang Panjang Domas Hani dengan tema tekhnik menulis. Sedangkan sesi ketiga diisi oleh Ketua PWI Sijunjung Drs. H. Rusli Jawaher dengan materi Kode Etik Jurnalistik, UU Pers dan Tekhnik Wawancara
Acara Pelatihan Jurnalistik dihadiri oleh seluruh kru media online Realitakini.com baik yang dari Sijunjung maupun daerah Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat. Tak kurang para Korda dari Kota Padang, Padang Panjang, Pasaman dan BatuSangkar memenuhi ruangan pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sijunjung. Baik kru Realitakini. com maupun peserta mengaku puasdengan kegiatan yang berlangsung.
Ketua Panitia Kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang merupakan Korda Kabupaten Sijunjung Hasnawati, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi ter hadap Semua Kepala Sekolah yang telah mengizinkan Siswanya untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik."Dari 15 Sekolah SLTA/sederajat yang di undang, 11 Sekolah mengirimkan utusan dengan jumlah peserta yang bervariasi.
 Antara lain SMAN 1 Sijunjung, SMAN 2 Sijunjung, SMAN 4 Sijunjung, SMAN 5 Sijunjung, SMAN 7 Sijunjung, SMKN 1 Sijunjung, SMKN 2 Sijunjung, SMKN 3 Sijunjung, MAN 1 Sijunjung, MAN 2 Sijunjung serta MAM Koto VII. Selain itu ada beberapa peserta dari masyarakat umum," jelas Hasnawati.
"Selain ilmu seputar penulisan berita, peserta juga mendapatkan sertifikat Pelatih an Jurnalistik. Dan setelah kegiatan ini,  media online Realitakini.com siap membina dan menerima hasil karya tulisan para peserta untuk di publikasikan, tentu nya sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku," lanjutnya.
"Besok kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan ke Panti Asuhan, serta kegiatan bagi-bagi sembako pada masyarakat kurang mampu di kota Padang," pungkas Wati. (Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama