Jaring Aspirasi Masyarakat Wabup Richi Aprian, Kerjasama semua Pihak Bisa Mencegah Bahaya Stunting


Realitakini.com Tanah Datar                               -Dalam rangka meningkatkan tali silaturahmi antara pimpinan daerah dan masyarakat, wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian audiensi atau kunjungan dengan masyarakat Sumaniak, Kamis (22/12/2022) di Aula kantor wali nagari setempat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimca, Camat Heru Rahman, S.STP MM, Kapolsek Salimpaung Iptu M.Rahmad Zen, Walinagari, Pengurus KAN, ketua Bumnag,  tokoh masyarakat, Bundo Kanduang, unsur pemuda dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan bincang bincang  tersebut Wabup Richi Aprian menyampaikan tujuan kunjungan tersebut untuk meningkatkan tali silaturahmi dari pembuat kebijakan kepada masyarakatnya.

"Kegiatan ini merupahkan murni silaturahmi sebagaimana yang telah disampaikan  Walinagari, maksud dan tujuannya bagaimana kami pembuat kebijakan atau kepala daerah bisa mendengar langsung aspirasi dari masyarakat  sebagaimana kegiatan serupa program berkantor di nagari belum  terlaksana sepenuhnya dan solusinya menurut saya adalah  bersilaturahmi,' ujar wabup.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan masalah  stunting di Tanah Datar yang perlu penyelesaian dan upaya pencegahan segera dan itu termasuk program prioritas pemerintah daerah.

"Bayi di bawah dua tahun yang terindikasi stunting jika ditangani dengan baik maka itu akan dapat dicegah karena anak stunting yang tidak mendapatkan asupan gizi yang seimbang cenderung tumbuh kembangnya akan terhambat, kecerdasan emosional tertanggu dan ini dikhawatirkan akan menjadi masalah disaat Indonesia Emas di tahun 2045,” sampai Wabup.

Untuk itu menurut Wabup berdasarkan data sekitar 584 anak terindikasi stunting, mana bonus demografi mau tidak mau akan dihadapi dan itu perlu pencegahan karena anak stunting bukan hanya dari keluarga tidak mampu  karena stunting juga bukan aib dengan bersinergi bersama permasalahan itu bicara di cegah.

"Untuk itu didalam kemajuan zaman saat ini sangat diperlukan peran orang tua, tokoh agama, niniak mamak dan pemangku kepentingan, karena dikhawatirkan akibat teknologi yang tidak terkontrol berakibat buruk bagi generasi kedepan," tukas Wabup Richi Aprian.


Sebelumnya Walinagari Sumanik Irama Yandi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wabup yang sudah berkunjung ke daerahnya dalam rangka bersilaturahmi .

"Terima kasih kita ucapkan kepada Bapak wakil bupati kita Richi Aprian yang sudah datang dalam rangka silaturahmi dengan kita masyarakat Sumanik sekaligus beliau ingin mendengar langsung aspirasi dari kita di sini," pungkas Irama Yandi. (**)

Reporter : Mailis  RK

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama