Maksimalkan Pembinaan Kemandirian WBP Rupajang, Karutan Jajaki Kerjasama Dengan Canting Buana Kreatif


Realitakini.com - Padang Panjang
Fungsi lembaga pemasyarakatan (Lapas/ Rutan) selain perawatan tahanan dan narapidana, juga melakukan pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Pembinaan di Lapas/ Rutan meliputi pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Hal ini dilakukan sebagai bekal untuk para WBP agar bisa diterima ditengah masyarakat dan menjalani kehidupan seperti halnya masyarakat yang lain.

Kamis (8/12) kepala rumah tahanan negara kelas IIB Padangpanjang Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat, Auliya Zulfahmi melakukan kunjungan ke sentra batik Padangpanjang Canting Buana Kreatif. Kunjungan Karutan disambut langsung oleh owner Canting Buana Widdiyanti di rumah kerjanya di Bukit Surungan Padangpanjang. Hadir juga Ketua Lembaga Kerapatan Adat Nagari Padangl
Panjang X Koto, Basrizal Dt. Penghulu Basa.

Karutan Padangpanjang menjajaki untuk menjalin kerjasama dengan rumah batik Canting Buana kreatif untuk memberikan edukasi dan pelatihan bagi warga binaan P
Pemasyarakatan rutan Padangpanjang (Rupajang) untuk membatik.

Keinginan Karutan disambut baik oleh owner Canting Buana Widdiyanti, dan akan segera menindaklanjuti untuk pemberian pelatihan kepada WBP Rupajang. 

Seperti diketahui rumah batik Canting Buana ini mempekerjakan 3 orang penyandang disabilitas (tuna rungu) dan masyarakat lingkungan sekitarnya.

Widdiyanti dikenal sebagai pebatik yang telah banyak memberikan edukasi dan pelatihan batik untuk lembaga sosial, panti asuhan dan SLB baik di kota Padangpanjang maupun diluar daerah kota Padangpanjang.

Wanita lulusan Institut Seni Indonesia Jogjakarta ini juga pernah memberikan pelatihan di Philipina.

Karutan berharap kerjasama ini dapat segera terwujud dan bisa memberikan bekal ilmu untuk warga binaan pemasyarakatan di Rupajang, dan tentunya juga memberikan penghasilan bagi warga binaan.

Pada kesempatan ini Karutan juga diberi kesempatan untuk membatik, dan Karutan juga diberikan selendang batik hasil Hand Made dari rumah batik Canting Buana. (Dms)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama