Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir Beserta Ibuk Ny Riri Benny Dwifa Ikut Senam Massal GERMAS di Lapangan Palangki

Realitakini.com-sijunjung
Bupati Sijunjung Benny beserta Ketua Tim Penggerak PKK Ny Riri Benny Dwifa  Ikut Senam Massal Pada Acara  GERMAS  Kecamatan IV Nagari  pada hari Senin tanggal 13 Februari 2023 di lapangan sepak bola Pelangki

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Ibuk dr.Lila Yanwar, MARS, dalam sambutan menyampaikan Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan  perilaku masyarakat yang kurang sehat, Germas yang kita laksanakan di Lapangan Sepak Bola Nagari Palangki ini dengan moto Cegah Stunting, itu Penting.

Beliau Juga memberikan informasi terbaru rencana  besok bapak  Gubernur Sumatera Barat Buya  H. Mahyeldi Ansarullah Akan menerima  bantuan lebih kurang 3000 butir telur ayam dari CSR pengusaha Sumbar di Jakarta,

Sambutan Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat Bapak. H Daswanto,SE. Untuk menurut kan angka Stunting, dengan menkonsumsi makan bergizi yang cukup Kita butuh air bersih mudah mudahan tahun besok kita akan bangun Sanitasi di setiap  Nagari yang ada di Kecamatan IV Nagari Ancaman penyakit menular dan juga penyakit-penyakit tidak menular merupakan hal yang harus ditangani untuk mewujudkan SDM unggul dan berkualitas. 

Bupati Sijunjung Benny pada sambutan dengan semangat menyampaikan, salah satu wujud pemerintah  untuk mengurangi angka Stunting di Kabupaten Sijunjung beberapa langkah  dan upaya telah dilakukan oleh  pemerintah daerah bekerja sama dengan Kementrian Agama dimana para ulama dan ustadz dalam mengisi ceramah memberikan pemahaman tentang  apa itu Stunting dan bagaimana cara pencegahan dan penanganannya,  dalam menangani beban penyakit adalah dengan mencanangkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2q017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). 

Terdapat 7 langkah untuk melaksanakan Germas, yakni: 1. Melakukan Aktivitas Fisik, 2. Budaya Konsumsi Buah dan Sayur, 3. Tidak Merokok, 4. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol, 5. M elakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala, 6. Menjaga Kebersihan Lingkungan,7. Mengguna kan Jamban Sehat, insyaallah tahun depan kita akan bangunan sanitasi di seluruh Nagari di Kecamatan IV Nagari.

Bupati Sijunjung juga memberikan pertanyaan kepada peserta senam  massal yang pada umumnya adalah Kader kader PKK , Tim Pendamping Keluarga (TPK )  Kader  Pembangunan Masyarakat (KPM) dimana pertanyaan tersebut "Apa itu Stunting dan Bagaimana Penanganan Dini"  peserta mengajukan jari atau menunjuk tangan mereka begitu banyak sekali , berarti hampir paham para TPK semuanya .kata Benny ( Jup Ak)


Post a Comment

Previous Post Next Post