Danau Biru Kunangan Parik Rantang Mutiara Wisata Air Yang Terpendam Untuk Sijunjung Maju, Sijunjung Jaya.

Realitakini.com-sijunjung
Kunangan Parik Rantang yang dulu pernah terkenal penghasil batu bara terbesar di Sumatera Barat ada satu perusahaan tambang Batu Bara yang bernama PT. Karbindo ,peninggalan dari galian PT  Karbindo terdapat lubang yang sekarang menjadi genangan air berbentuk Danau yang airnya berwarna biru.

Bertempat di ruangan pertemuan Telabang Sakti dilakukan pertemuan atau Musyawarah pada hari Sabtu tanggal 11 Februeri  2023 pukul 20.00 wib sampai selesai.

Hadir pada pertemuan malam itu bapak  M.Zuhrizul , Bundo Wati dari Tim Pemberdayaan Pengembang an Desa Wisata (TP2 DEWI), bapak  Deno  Indra,  F .Asneti dari PODSI Provinsi Sumatera Barat, Bapak  Prof.Anton Kumani dari pihak UNP, bapak Renggo Permana dari arsitek, Bapak Andri Azhar darib APGI Sumatera Barat, bapak  Delmiwardi dari ASRI Sumatera Barat, bapak Asrijal, SH camat Kamang baru, Wali Nagari se Kecamatan Kamang Baru , hasil pembicaraan pada malam tersebut akan mengangkat sebuah lokasi Danau Biru yang terletak di Nagari Kunangan Parik Rantang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung yg merupakan lokasi no 1 (satu ) tingkat Sumatera Barat untuk Wisata Air dengan panjang lebih kurang 2 km, dengan  lebar 170 m. yang bisa di jadikan sebagai  tempat lomba lomba Dayung, Pedal dan Ski Air serta akan  kita  bangun Penyu Internasional.

Buk Net dari PODSI,Lokasi sangat bagus dan PODSI Nasional merespon dengan baik, akan mengadakan latihan bersama tgl 9,10,11.dan 12 Maret 2023 mendatang,dengan  peserta berasal dari Kota Padang Kab Darmasraya, Kabupaten Sijunjung dengan jumlah peserta di perkirakan 100 org.

Pada minggu pertama Maret 2023 tim PODSI Provinsi meninjau lokasi Danau Biru tersebut,  penginap an di sediakan oleh Nagari kunpar disaran kan utk Sijunjung bisa merekrut peserta dengan syarat tinggi perempuan 160 cm dan laki laki 175 cm ke atas,dengan mendatangkan Kementrian PUPR Pusat  untuk  menggaet anggaran Destinasi Wisata yg berjumlah lebih kurang 150 milyar.

Dt abu selaku pemilik lahan kita harus menghargai semua unsur yang  ada Ninik mamak pemuda Pemerintah Nagari,  camat,  dan Bupati  akan kita  libatkan untuk pelaksanaan  Pembangunan ini, yang bak Papatah Orang  Bajanjang Naik Batanggo Turun..sebelum kita melaksanakan kegiatan tegas Datuk Abu ( Wali Nagari Kunpar) dan  kita akan  lakukan doa bersama di lokasi Danau Biru tersebut.

Bapak Zul dari  Tim Pemberdayaan Pengembangan Desa Wisata  (TP2 Dewi) Pemerintah Nagari dan Kecamatan agar dapat melaporkan ke Bapak Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir rencana  kegiatan ini, dan menunggu persetujuan dari Pemerintah Kabupaten.

Kata  Camat Asjizal,SH dengan adanya potensi Danau Biru ini harapan kami mohon dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pusat untuk apat membangun sebagai pusat wisata air dan memamfaat kan nya sehingga objek wisata berkelas Internasional serta dapat di jadikan tempat perlombaan perlombaan Olah Raga Air, bahkan kalau memenuhi syarat untuk panjat tebing .Karena Datuk  Abu sebagai pemilik lahan telah menyerahkan sepenuhnya untuk pelaksanaan pembangun Penyu Internasional, jadi kami selaku Camat sangat berharap sekali dukungan dari  TP2 Dewi, PODSI, UNP dan arsitek untuk menyelesaikan secepatnya, baik secara  Administrasi Anggaran dan arahan nya agar bisa agar tercapai apa yang kita inginkan bersama untuk Sijunjung Maju dan Sijunjung Jaya. (Jupri AK)

Post a Comment

Previous Post Next Post