Dishub Kabupaten Solok Siap Amankan Lalin Mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah,

Realitakini.com- Arasuka
Diperkirakan, pusat kemacetan di wilayah Kabupaten Solok akan terjadi di Jalur Singkarak, By Pass Selayo, Lubuk Selasih serta alahan panjang resortKarenaya Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Solok siap mengamankan arus mudik lebaran Idul Fitri tahun 2023, serta berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengantisipasi kemcetan kendaraan di wilayah Kabupaten Solok.

Hal ini dikatakan ,”Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Solok, Muhammad Djoni . saat diwawancarai  media Selasa (18/4/2023).Beberapa posko yang telah bekerjasama dengan Polri maupun Kemenhub telah disediakan untuk mengatur lalu lintas selama masa mudik maupun arus balik lebaran.

“Ada satu posko Dishub Kabupaten Solok gabungan dengan balai kemenhub dan empat posko gabungan dengan Polres setempat yaitu di Salayo, Sungai Lasi, Lubuak Lasiah dan Singkarak,” katanya Untuk itu, pada setiap posko ditempatkan personil Dishub yang siap membantu masyarakat dalam berlalu lintas selama lebaran.

“Personil Dishub yang kami tempatkan pada setiap posko terpadu perhubungan  ada empat orang, 1x 24 jam, kalau di posko gabungang dengan Polres totalnya sebanyak 15 personil untuk hari sebelum lebaran,” jelasnya.

 “Akan tetapi, untuk hari setelah lebaran akan lebih banyak lagi personil Dishub yang diturun kan karena kami akan mengamankan titik-titik rawan kemacetan oleh tempat wisata, jadi mungkin satu hari setelah lebaran akan kami bisa turunkan 30 personil,” imbuhnya. 

 “Untuk mengurai kemacetan sendiri nantinya kami juga akan melakukan patroli yang dimulai H min tiga lebaran dan h plus tiga lebaran meng ikuti skema lebaran dari Kemenhub dimana puncak arus mudik terjadi pada waktu tersebut,” tuturnya.Peningkatan arus mudik sendiri sudah mulai terjadi dan lalu lintas sudah mulai padat.,”ujar Djoni

“Penigkatan kendaran secara kasat mata saja sudah terlihat padat. Misalnya saja sekarang ke Koto Baru dari Kota Solok yang hanya 10 -15 menit sekarang sudah tidak bisa,” ucapnya. Karenanya, Djoni selalu memberikan himbauan kepada pengendara selalu berhati hati, jaga keselamatan berlalu lintas dan jaga ketertiban dan keamanan di jalan (RK*) 





Post a Comment

Previous Post Next Post