Serahan SK Penugasan Kepala Sekolah Tahun 2023, Bupati Blitar : Semangat Membawa Kemajuan Sekolah Dan Anak Didik

Realitakini.com- Blitar
Untuk membangun pendidikan yang lebih baik agar semakin berkembang Pemerintah Kabupaten melaksanakan Penyerahan Surat Keputusan Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah di Kabupaten Blitar Tahun 2023, di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN). Jumat (26/05/2023).

Dalam sambutannya Bupati Blitar Hj Rini Syarifah mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Blitar saya mengucapkan selamat bagi bapak/ibu yang baru saja menerima SK Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

"Semoga semua bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan penuh amanah,” ucap Bupati.
Lebih lanjut Bupati Rini menyampaikan, semua yang telah menerima SK menjadi yang terpilih, yang lebih dipercaya untuk memimpin dimana ditempatkan.

"Dengan ini, saya harapkan semuanya justru akan lebih semangat, sehingga lebih membawa kemajuan bagi sekolah dan anak didik, baik secara kuantitas maupun kualitas,” harap Bupati yang akrab disapa Mak Rini ini.

Selain itu, ucap Mak Rini mengingat, informasi yang saya terima, masih ada sekolah yang tidak sesuai dengan PAGU siswa atau target, sehingga inilah yang menjadi pekerjaan rumah anda semua, supaya jumlah siswa bisa terpenuhi di masing-masing sekolah.

“Untuk itu saya minta, bapak/ibu kepala sekolah harus inovatif, kreatif, termasuk membaur ke masyarakat dan sekolah jenjang di atas maupun dibawahnya.

Artinya bagi yang SMP harus proaktif mempromosikan diri ke Sekolah Dasar-Sekolah Dasar baik mengundang atau hadir langsung ke SD.Bisa juga pihak SD yang mengundang pihak SMP.

Dan pihak SD juga harus aktif mempromosikan sekolahnya di seluruh Kelompok Bermain/ Taman Kanak-Kanak,” tegas Mak Rini.Selebihnya Mak Rini juga menambahkan, harapan kita semua, jumlah PAGU siswa bisa terpenuhi di seluruh sekolah negeri sehingga mendukung peningkatan indeks pendidikan di Kabupaten Blitar.

“Perlu diingat, jaman sudah sangat berubah. Bukan hanya berjalan, namun melesat jauh. Perubahan ini menggeser berbagai hal, termasuk di bidang pendidikan,” ungkap Bupati Perempuan Pertama di Kabupaten Blitar tersebut.H adi, ujarnya, semua harus bertransformasi terhadap program-program yang telah ditawarkan.

“Seperti program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi diantaranya Program Sekolah Penggerak, Pengajar Praktik Bagi Guru Penggerak, Kampus Mengajar, Nara Sumber Berbagi Praktik Baik dan Transisi PAUD SD,” terang Mak Rini.

Semua program tersebut, Lanjut Bupati Rini, mempunyai tujuan untuk menciptakan profil pelajar Pancasila, yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, ber nalar kritis, berkebhinekaan global, bergotong royong dan kreatif. Saat ini kepala sekolah menjadi grada terdepan di dunia pendidikan yang dituntut untuk mampu menjadi agen perubahan bagi ekosistem di lingkungan sekolah masing-masing.

“Sehingga penting bagi panjenengan mempunyai kompetensi kepribadian, kewirausahaan, supervisi baik manajerial maupun akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan serta sosial.

Dengan kata lain, kepala sekolah juga berperan sebagai educator, manager, administrator, supervisor, motivator, enterpreneur, dan leader,” pesan Bupati Blitar Rini Syarifah. Terakhir, untuk itu saya minta panjenengan segera beradaptasi dengan tempat tugas yang baru, pelajari lingkungan sekitar, buat langkah-langkah perubahan nyata menuju ke arah yang lebih baik.

“Dan bisa bersiap untuk keluar dari zona nyaman, out of the box dan hadirkan inovasi serta kreatifitas, untuk membangun pendidikan di Kabupaten Blitar ini yang lebih baik, sehingga kita bisa menjadi bangsa agar berkarakter, berdaya saing menuju Indonesia Emas 2045,” pungkasnya. (kmf/ edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post