Ciptakan Pemilu Partisipatif Bawaslu Tanah Datar Deklarasikan Kampung Pengawasan Pemilu


Realitakini.com Tanah Datar                                    -Dalam rangka Sosialisasikan Produk Pemilu pengembangan pendidikan dan pelatihan pengawas pemilu partisipatif, Bawaslu Tanah Datar Deklarasikan "Kampung Pengawasan Pemilu" kabupaten Tanah Datar,  Kamis (30/11/2023) di Halaman Benteng Van Der Capellen Batusangkar . 

Hadir dalam kegiatan Deklarasi kampung Pemilu  Bupati Tanah Datar diwakili Asisten 1 Elizar, Bawaslu Sumbar Muhammad khadafi, S. Kom, Forkopimda,  Ketua KPU  Tanah Datar Dicky Andrika,  Ketua Bawaslu Tanah Datar Andre Aski, Dinas Parpora, ketua KNPI Tanah Datar Wahyu,  perwakilan Partai Politik, perwakilan Pemuda dan undangan lainnya. 

Dalam sambutanya Bupati Tanah Datar diwakili Asisten 1 Elizar mengatakan apresiasi kepada Bawaslu, dengan mendeklarasikan kampung pengawasan pemilu sebagai bentuk mewujudkan pemilu yang Partisipatif. 

"Dengan Mewujudkan pemilu yang Adil Jujur, bebas umum rahasia, kami mengajak keseluruh lapisan masyarakat dan seluruh Parpol peserta Pemilu, mari kita ciptakan pemilu badunsanak," Sampainya. 

Ketua Bawaslu Tanah Datar Andre Aski dalam sambutannya mengatakan, dengan sudah dimulainya tahapan Kompanye yang Krusial, dengan banyaknya pelanggaran pemilu untuk itu terkait hal tersebut untuk mewujudkan pemilu yang jujur, Bawaslu Deklarasikan Kampung Pengawasan Pemilu. 

"Dalam pengawasan pemilu itu, kami berharap, masyarakat mulai dari kampung sampai kota wajib mengawasinya dengan melaporkan kepada kami di Bawaslu dengan penuh alat buktinya, untuk itu Kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk berperan serta dalam Pemilu dan melaporkan jikalau tampak kecurangan- kecurangan yang terjadi, " katanya. 

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Muhamad Kadafi S. Kom, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Bawaslu tidak hanya mejalankan pemilu saja, tapi juga untuk menciptakan pemilu itu berdasarkan undang-undang yang jujur dan adil bersama dengan seluruh unsur dan masyarakat 

"kami percaya kepada Parpol peserta pemilu, yang mempunyai kader-kader pilihan untuk maju bersaing di Pemilu, untuk itu, marilah bersinergi menciptakan pemilu damai dan adil, dan berintekgritas, karna kita dipantau oleh seluruh masyarakat baik yang ada di Nagari maupun luar negeri dan keterlibatan masyarakat adalah kunci dalam mewujudkan pemilu yang luber dan jurdil. Peran masyarakatlah yang sangat penting dalam setiap pelaksanaan pemilu maupun pemilihan, " tukas Muhammad Khadafi.

Acara dilanjutkan dengan gunting pita oleh
ketua Bawaslu Sumbar Muhammad Khadafi  serta penandatanganan Deklarasi Kampung Pemilu oleh ketua Bawaslu Sumbar diikuti Forkopimda dan unsur perserta dalam Deklarasi Kampung Pengawasan Pemilu Kabupaten Tanah Datar. (**)

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post