Dibuka Bupati Eka Putra, Semaraknya Festival Baluluak Bajarami Season 2 Nagari Kumango


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM Festival Baluluak Bajarami season 2 Nagari Kumango kecamatan Sungai Tarab yang penuh semarak dalam program unggulan Satu Nagari Satu Even,  Kamis (30/11/2023) Sawah Botang Tenggi Jorong Kumango Utara Nagari setempat. 

Pelaksanaan Even Baluluak Bajarami 2 akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 30 November sampai tanggal 2 Desember 2023 akan menampilkan berbagai kegiatan serta permainan anak Nagari  seperti, Manyabik jo Mairiak Padi, Festival Silek dan Silek Baluluak, Malatuah Karupuak Jangek, Alang-alang, penampilan kesenian, kuliner nagari, UMKM Nagari, Lomba Baju Kuruang Basiba, lomba fotografi. 

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Turut hadir Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi SE, Dt. Bungsu bersama istri, anggota DPRD Benny Apero dan Nurhamdi Zahari, Bupati sisa masa jabatan 2021 Zuldafri Darma, Kepala OPD, Forkopimca, Camat A. H Miza Azis, S. Sos, Wali Nagari se Kecamatan Sungai Tarab, tokoh masyarakat, Bundo kanduang dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Nagari,  panitia pelaksana bersama unsur masyarakat yang sudah bekerja keras dalam pelaksanaan even Baluluak Bajarami yang dikatakan Bupati tersebut sangat luar bisabisa dengan ramainya pengunjung yang hadir pada pembukaan tersebut. 

"Atas nama pemerintah daerah saya memberikan apresiasi yang setinggi tinggi nya dan ucapan Terima kasih kepada pemerintah Nagari, panitia pelaksana, perantau dan semua unsur masyarakat yang sudah berpartisifasi dan sudah bekerja keras untuk terlaksananya kegiatan Baluluak Bajarami 2 yang sungguh sangat luar biasa, " ujar Bupati. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan rasa kagum atas penampilan tadi kolosal dan silek yang terkenal dengan sebutan silek kumango tersebut .Pagaruyundan berharap kegiatan even tersebut akan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM dan kuliner. 

"Even yang sangat luar biasa dengan tari kolosal dan silek jika satu Nagari satu even Baluluak Bajarami season 2 ini terpilih jadi pemenang oleh tim juri maka nantinya akan di tampilkan pada pagelaran Festival Pesona Budaya Minangkabau , pada 09 - 10 Desember depan di Istano Basa Pagaruyung. 

Sebelumnya Wali Nagari Kumango Iis Zamora Putra dalam sambutannya mengatakan ucapan Terima kasih kepada panitia pelaksana dan masyarakat yang sudah bekerja keras dalam mendukung kegiatan tersebut. 

'"Pelaksanaan even Baluluak Bajarami season 2 memiliki makna dan filosofi dan sejarah karena itulah tema pelaksanaan diangkat oleh Nagari Kumango dalam program unggulan satu Nagari satu even., " tukasnya. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post