BPBD Tanjabbar Gelar Jambore FPRB di Embung Wisata Desa Muntialo

BPBD Tanjabar gelar Jambore FPRB Tahun 2023, di Embung Wisata Desa Muntialo. (Poto-Put)

Realitakini.com, Tanjabbar - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi, Menggelar kegiatan Jambore Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Tahun 2023.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kerjasama dengan Perusahaan Petrochina Internasional Jabung Ltd dalam upaya peningkatan kapasitas masyarakat Desa Tangguh Bencana dalam program pencegahan dan kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana khususnya upaya pengurangan risiko Bencana.

Kegiatan Jambore FPRB Desa ini berlangsung selama dua hari, terhitung sejak tanggal 29-30 November 2023, di Embung Wisata Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjabbar.

Kalak BPBD Kabupaten Tanjabbar, Drs. Zulfikri, M.AP mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pemberian pemahaman dan pengetahuan  tentang penanggulangan bencana.

"Dengan adanya bekal ini, diharapkan masyarakat nantinya dapat ikut berperan aktif dalam membantu Pemerintah dalam penanganan penanggulangan bencana sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki, sehingga masyarakat dapat kita ajak untuk berpartisipasi dan bertanggungjawab apabila terjadi bencana di lingkungan tempat tinggal masing-masing," ujar Zulfikri, kepada awak media, saat dijumpai disela kegiatan, Rabu (29/11/2023).

"Yang kita undang dalam kegiatan ini ada sekitar 100 Orang peserta, disamping Relawan PB yang tergabung dalam FPRB Desa, kita juga melibatkan unsur TNI dan Polri serta Taruna Siaga Bencana (Tagana), katanya. 

Zulfikri menjelaskan, saat ini Desa Tangguh Bencana yang telah memiliki  FPRB Desa di kecamatan Betara yakni di Desa Terjun Gajah,Desa Lubuk Terentang, Desa Pematang Buluh, Desa Pematang Lumut, Desa Muntialo, dan Desa Serdang Jaya.

Kegiatan Jambore FPRB Desa Tahun 2023 digelar dengan berbagai kegiatan. Antara lain, ada pemberian materi Penanggulangan Bencana dan Praktek  Penanggulangan Bencana Karhutla serta Oraktek Penyelamatan Korban Bencana di Air juga kegiatan Outbond  dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan Pembukaan Kegiatan Jambore FPRB Desa, Bupati Tanjabbar, Drs.H.Anwar Sadat.M.Ag juga berharap peserta kegiatan Jambore FPRB dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga nantinya dapat berperan serta aktif dalam membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana.

Sementara itu, Pihak Perusahaan Petrochina Internasional Jabung Ltd juga turut mendukung penuh kegiatan Jambore FPRB. Dan juga menyampaikan bahwa upaya-upaya mitigasi bencana perlu penguatan berbagai pihak. 

"Kemudian, dalam upaya tersebut adalah peran Dunia usaha dalam mendukung kegiatan Jambore FPRB, mari kita jaga alam, alam juga jaga kita. Makna frase ini mengingatkan kembali terhadap paradigma penanggulangan bencana yang mengedepankan mitigasi sebagai bagian dari pengurangan risiko bencana. Disamping itu, melalui Jambore ini kita berharap dapat meningkankan kapasitas masyarakat atau SDM Relawan Bencana," harapnya. 

Sementara, Salah seorang peserta juga mengaku senang bisa mengikuti Jambore FPRB Desa. 

"Karena, disamping mendapatkan pengetahuan dan pemahaman penanggulangan bencana,
kegiatan ini dapat juga untuk mempererat silaturahmi sesama relawan bencana," pungkasnya. (*/put)

Post a Comment

Previous Post Next Post