Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Sampah Bupati Eka Putra Serahkan Bantuan Bangunan BSI Di Jorong Bukit Gombak



Realitakini.com Tanah Datar                                   -Dalam rangka meningkatkan kapasitas, pengelolaan sampah Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM secara resmi menyerahkan bantuan berupa bangunan Bank Sampah Induk (BSI) beserta sarana dan prasarana kepada BSI Tiga Saudara, Kamis (21/12/2023) di Jalan Raya Bukit Gombak Jorong Bukit Gombak Nagari Baringin kecamatan V Kaum. 

Dalam penyerahan tersebut diterima langsung oleh Direktur Bank Sampah Tiga Saudara  Dinda Rizki Putri, S. Kom  yang turut dihadiri Staf ahli Bupati Alfian Jamrah, kepala OPD, Kadis LH Novi Hendri, Forkopimca, Edi Sugianto,  Abdul Hakim, Camat, wali nagari, wali jorong dan undangan lainnya. 

Wali nagari Baringin dalam sambutannya menyampaikan Dt Peto Kayo Bantuan berupa bangunan bank sampah induk dari dana Kementerian LHK Tahun 2003 ini sangat berarti bagi masyarakat Nagari baringin. 

 "Atas nama pemerintahan nagari dan masyarakat nagari Baringin mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Tanah Datar atas bantuan pengelolaan bank sampah ini semoga ke depan kesadaran masyarakat Nagari kami terkait dengan pengelolaan persembahan ini menjadi lebih baik, dan kami selaku pemerintahan nagari selalu berupaya semaksimal mungkin, " ujarnya. 

Sebelumnya dalam sambutan Kadis LH kabupaten Tanah Datar Novi Hendri melaporkan acara penyerahan BSI merupakan rangkaian kegiatan dari pemerintah pusat melalui kementrian Lingkungan Hidup dan kehutanan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian LHK tahun 2023.

"Tujuan kegiatan dalam rangka untuk meningkat kapasitas pengelolaan sampah di kabupaten Tanah Datar melalui circular economi yang kedua pengurangan dan penangan sampah melalui karistik masing masing daerah dengan sasaran ingin dicapai meningkatkan presentase capaian sampah secara nasional, dan presentase penanganan sampah dan pengukuran sampah, " urainya. 

Menurut Novi Hendri untuk penangan sampah saat ini adalah sebesar 54,20% yaitu terdiri dari pengukuran sampah sebanyak 18% dan penangan sampahnya sebesar 35% juga kepada bapak bahwa tahun 2003 bisa terdaftar memperoleh dana alokasi khusus ini sebesar  Rp. 2 .766.288.000,-

"Dari dana DAK tersebut untuk bangunan sampah beserta mesin prees , becak motor, timbangan digital, laptop dan printer, l satu unit ambrool, 4 unit kontainer dan 4 unit becak sampah dengan lokasi Bank Sampah Induk Tiga Saudara Jorong Bukit Gombak Nagari Baringin, dan di harapkan untuk bisa, dimanfaatkan oleh 28 Bank sampah Induk di Tanah Datar, " ujar Novi Hendri

Direktur Bank Sampah Tiga Saudara Dinda Rizki dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya bank sampah ini menjadi wadah penggerak ekonomi kecil menengah di tengah masyarakat dan kedepannya serta dapat menumbuhkan Inovasi dan kreativitas di tengah masyarakat dari sampah yang memiliki nilai jual. 

"Terima kasih saya sampaikan kepada pemerintah daerah tanah Datar bapak bupati Pka Putra, yang sudah berkenaan menyerahkan bantuan berubah bangunan Sampah induk beserta sarana, semoga semakin banyaknya bank sampah-sampah unit di Kabupaten Tanah Datar dan jika dimungkinkan Pak Bupati saya berharap adanya alat pencacah tanpa plastik untuk meningkatkan nilai jual dari sampah plastik kedepannya, " tukas Dinda Rizki Putri. 

Bupati Eka putra dalam sambutannya menyampaikan saat ini sampah sangat sangat meresahkan di kabupaten dan melalui hal-hal dan strategi-strategi lah yang harus dilakukan agar kepedulian masyarakat terhadap sampahnya menjadi tinggi, salah satunya dengan mendirikan bank sampah. 

"Memang tujuan dan manfaat bank sampah belum ter sosialisasi ke masyarakat luas, 
tentunya ini kalau menurut saya adalah bukan seperti bank bank yang ada tetapi bagaimana kita pemerintah bersama masyarakat membuat strategi supaya masyarakat peduli terhadap sampah ini dan tentunya juga sampah Ini mendapat manfaat bagi masyarakat kita di Kabupaten Tanah Datar, " katanya. 

Lebih lanjut bupati Eka Putra menyampaikan dengan adanya bank sampah pengolahan sampah serta meningkatkan kinerja semakin bermanfaat dan bisa menghasilkan nilai ekonomis. selanjutnya sekali lagi 

"kepada direktur Bank sampah induk tiga saudara ibuk Dinda Rizki, kami berharap agar bangunan BSI ini dan sarana prasarana yang sudah didapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai tentu dengan fungsi yang sudah berlaku tolong dirawat tempat ini, "pungkas Bupati Eka Putra . (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post